From: Y S Yuwono <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [iagi-net-l] OK, kita bicara Energi -->masuk lagi
To: iagi-net@iagi.or.id
Date: Wednesday, July 9, 2008, 5:37 PM

Noor yth.
Maksud saya bukan melecehkan hasil karya orang kita sendiri. Saya juga amat
salut kalau kita pergi ke pelosok desa yang belum ada listrik, penduduk
setempat terutama banyak di Jawa Barat, mereka membuat kincir kecil di
sungai dekat kampung mereka untuk dipasangi generator berukuran 1000 watt-an
sekedar untuk menyalakan TV dan penerangan rumah. Mereka harus diacungi
jempol dengan swadaya yang mereka lakukan. Maksud saya itu lho yang
berwenang kok tidak berwawasan terintegrasi, misalnya mengenai kebijakan
energi nasional harusnya mulai dengan kebijakan yang terintegrasi untuk
mengantisipasi krisis energi seperti yang terjadi sekarang ini. Sumber
energi kita cukup melimpah (di luar bahan bakar fosil). Contoh: rencana
bendungan Jati Gede di Jawa Barat sudah dimulai penelitian sejak 1973 (saya
tugas akhir S-1 di sana di bawah Prof. Sampurno), sudah 35 th lebih blm
terealisir, pembebasan tanah sudah dilakukan sejak 20 th yang lalu, saya dan
teman-2 Ekologi Unpad sudah melakukan penelitian AMDAL bahkan sudah 2
kali!!!! Nasib......??
Salam,
Yatno