Sedikit menambahkan. Setelah saya tanyakan ke temans yang membidangi
airtanah, sedikit bisa saya tambahkan beberapa informasi :

- Pertimbangan perlunya dibuat sumur pantau adalah apabila intensitas
pengambilan air tanah di suatu kawasan sudah cukup tinggi (walaupun ini juga
relatif);
- Titik sumur pantau ditentukan dari sebaran titik-titik pengambilan air
tanah, dimana sumur pantau dibuat pada area yang paling padat pengambilan
airtanahnya.

Jika dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan, maka :
- Apabila seseorang/ badan usaha telah memiliki 5 titik sumur yang berada
dalam area seluas 10 ha, atau memiliki satu titik sumur dengan debit
pengambilan lebih besar dari 50 lt/detik, maka ybs diwajibkan membuat satu
titik sumur pantau.

Sumur pantau dikelola oleh pemilik masing-masing, hanya untuk sumur pantau
yang dikelola oleh swasta - data pemantauannya wajib dilaporkan ke Pemprop/
Pemkab/Pemkot setempat, cq Dinas ESDM/ Pertambangan atau yang dinas lain
membidangi.

Untuk penentuan titik tepat sumur pantau, biasanya dengan mempertimbangkan
arah aliran airtanah dan sebaran sumur produksi yang berada dalam suatu
wilayah tertentu.

Khusus untuk DKI Jakarta, sumur pantau sudah harus dibuat per lapisan
akuifer dan sudah diatur dengan Peraturan Daerah. Sedangkan untuk
daerah-daerah lain, mungkin sebagian besar belum diatur demikian.

Maaf kalau salah, mohon dikoreksi.
Semoga bermanfaat.

Wassalam,
Pardan - Jatim