From: prasiddha Hestu Narendra <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [iagi-net-l] HASIL PEMILU PRESIDEN IAGI 2008-2011
To: iagi-net@iagi.or.id
Date: Monday, September 1, 2008, 10:02 AM

Terimakasih Pak Awang pertanyaannya, demikian juga komentar dari Kang RDP.
Betul seperti kang RDP bilang, pertanyaan ini bukannya tidak kami
pikirkan sebelumnya. Proses pemilu bisa dilakukan dengan banyak cara,
dan saya yakin cara apapun akan ada saja celah yg bisa dimanfaatkan,
apalagi ini pemilu IAGI yg lebih terbuka dibanding Pemilu Presiden.
Di satu sisi kita ingin agar partisipasi pemilih meningkat dengan
sesederhana mungkin prosesnya, tapi di sisi lain bagaimana caranya
membendung pertanyaan2 mengenai proses rekayasa pemilu, karena pemilu
iagi ini sangat terbuka. Salah satu cara yg paling gampang adalah
dengan menuliskan identitas nama dan nomer anggota. Hal ini ternyata
juga bisa menyaring anggota yg minta kartu suara langsung saat pit
IAGI kemarin, karena ada saja peserta PIT yg belum menjadi anggota
IAGI minta kartu suara, demikian juga yg baru mendaftar saat PIT juga
ditolak, walopun sempat ada yg ngotot...lho saya kan sudah daftar jadi
anggota kok masih belum boleh, dengan hormat saya jelaskan batas
anggota terdaftar yg boleh memilih. Demikian juga pengurus pengda yg
ternyata belum pernah mendaftar anggota IAGI, saya tegaskan juga ke
beliau pengurus pengda tersebut saya hanya berpedoman dari daftar
anggota yg saya miliki shg dengan memohon maaf saya tidak bisa
memberikan kartu suara tersebut.
Memang saya yakin tidak bisa menyaring 100%, mungkin ada saja yg
lolos. Terutama saat penghitungan suara kotak baru dibuka, saat awal
penghitungan kita sempat cek masing2 data, tetapi ternyata berjalan
sangat lamban, jika di cek semua kartu suara bisa lewat dari jam 6
bahkan sampai jam 7 malam proses penghitungan suara selesai. Tiga hal
untuk dianulir adalah:
1. Tanpa identitas nomer dan nama pada kartu suara (32 suara)
2. salah menandai (diluar kotak foto caketum) (10 suara)
3. tidak menandai (14 suara)

Paling gampang adalah pemilu langsung seperti pemilu presiden, tinggal
dicelup jarinya, tetapi hal ini akan mengurangi partisipasi dari yg
tidak bisa datang langsung.

Alalngkah baiknya jika proses pemilu dimulai sejak awal kepengurusan,
berkaca dari proses pemilu seperti di SEG dan AAPG dimana anggota
tersebar di berbagai belahan dunia. Beberapa hal bisa dikerjakan dari
awal spt, pembenahan database anggota, prosedur baku pemilu beserta
ujicobanya, pembuatan software pendukung untuk online pemilu,
hardware, human resourcesnya dsb.

770 suara termasuk banyak, salah satu faktornya adalah kota Bandung,
kalo ditempat lain biasanya kurang dari itu. Semoga saja pada saat
pemilu berikutnya pemilih bisa meningkat dengan sistem yg lebih baik.

Akhirul kata, saya mengucapkan terimakasih kepada peserta PIT IAGI,
karena surprise stan IAGI yg biasanya sepi kemarin cukup meriah,
poster sosialisasi gempa yg dibuat Yudi ludes, jualan pak Sutar habis,
banyak juga yg sekedar nongkrong ngobrol sana-sini. Walopun sayang
layar monitor yg sudah disewa cukup mahal tidak berfungsi baik. Dan
mohon maaf jika ada kekurangan dalam pelayanan pemilu. Selamat bekerja
kepada pak Lambok untuk membentuk kepengurusan yg baru.

Dari tiga
On 8/31/08, Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> pemilu IAGI. Memang sangat disayangkan kalau ada "rekayasa"
dalam
> pemilu. Btw, kekhawatiran ini tidak perlu berlarut seandainya
> si"pemenang" yang terpilih menjalankan amanah ini dengan
> sebaik-baiknya. Saya pribadi lebih khawatir dengan bagaimana pemegang
> amanah yg tidak menjalankan kepemimpinannya ketimbang proses
> pemilihannya.
>
> Ayo Pak Lambok, Mas Syaiful dan Kang Ridwan... IAGI sedang membutuhkan
> kiprah bapak. Barangkali memang kini saatnya IAGI untuk lebih
> konsentrasi dengan dunia pendidikan dan dan penelitian.

KPU

Mang

peserta PIT
>>> 37 IAGI digelar pukul 15.15 tadi sore. Acara berlangsung lancar
dan

IAGI
pengurus
>>> 2006-2008 adalah pada Oktober 2008. Selamat Pak Lambok, semoga
makin

-
>>> 2011. Jabatan bergengsi ini akan diperebutkan oleh 3 kandidat
President
Hutasoit
Syaiful

Acara
IAGI, dan

Pengda
mengorbankan

tersenyum
>>> tulus. Semoga siapapun yang terpilih dapat dapat meningkatkan
peranan

http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/