Pak Nyoto dan Rekan IAGI Netters,
Meski saya termasuk orang yang tidak percaya bahwa LUSI karena gempa,
namun jika penentuan penyebabnya ditentukan lewat voting (meski voting
dari para pakar dalam bidang yang relevan, bukan politikus),saya merasa
"risih", karena kebenaran ilmiahnya ilmu pengetahuan seyogyanya tidak
melalui voting. Saya pernah mengunduh/menurunkan/download dari Wikipedia
tentang Sciences, terdapat pernyataan sebagai berikut:
..............dihapus.......
Science is not democratic.
Scientific ideas are subject to scrutiny from near and far, but nobody
ever takes a vote. If the question of plate tectonics had been decided
democratically when it was first presented in the early twentieth century,
we would, today, have no explanation for the origins of much of EarthÂ’s
terrain. Scientific ideas are accepted or rejected instead on the basis of
evidence.
.................dst....dst....

Jadi ya sebaiknya tidak dengan voting, tinggal konsistensi pemahaman
ilmiah kita, yakin pada kebenaran (ilmiah) karena pemboran, atau yakin
pada kebenaran (ilmiah) karena gempa, masing2 berdasarkan data ilmiah yang
relevan,saintifik, tidak dipengaruhi oleh aspek politis, hukum dan lain
sebagainya yang membuat LUSI makin tidak terkendali. Wallahualam
bissawaab.
Wassalam,

Yahdi Zaim,
KK Geologi,
Prodi Teknik Geologi,
FITB - ITB

> [...]
> dibidangnya masing2 & bukan mhsw geologi atau teknik minyak yg baru masuk
> kuliah Tingkat I di Perguruan Tinggi, dan juga BUKAN POLITIKUS !!!
>
> Saya percaya bahwa VOTING tsb terpaksa dilakukan karena mungkin para ahli
> setelah melalui diskusi & perdebatan yg lama & ber-thele2, tidak ada yg
> mau
> MENGALAH atau masing2 pada saling bersikukuh dengan pendapatnya masing2,
> maka diambillah keputusan secara VOTING, dimana masing2 pendapat tetap
> berdasarkan data2 ilmiah dan valid, bukan karangan belaka.

serah-terima pp-iagi: senin sore, 13 oktober 2008
ketua umum: LAMBOK HUTASOIT
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL
pasukan sedang disusun, hanya satu IAGI...