Ikutan mas ET dan rekans yang lain:

Saya setuju mas; saya pikir memang sudah saatnya bagi pihak yang berseberangan
dengan akan dibukanya sebuah kegiatan misalnya kasus pabrik semen ini dan kasus
kasus lain, untuk juga melengkapi diri dengan argumen-argumen yang didukung
oleh data dan kajian ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan ke'valid'-annya
agar dalam berargumen baik pihak yang mendukung dan menolak mempunyai parameter
dan standar yang terukur. Jadi kesan bahwa semua katakanlah NGO hijau
atau-pihak-pihak yang tidak setuju hanya menolak berdasarkan argumen-argumen
umum dan "asal"  tak lagi terjadi. Dengan demikian diharapkan masyarakat akan
lebih secara lebih akurat mampu ikut menilai perlu atau tidaknya mereka
mendukung atau menolak sesuatu.

Sudah saatnya masyarakat mulai diberikan informasi yang jujur, jelas dan
berimbang dari keduabelah pihak. Kesan yang ada (maaf subyektifitas saya:
adalah:

Pihak pendukung: merasa yakin keberadaannya akan menguntungkan masyarakat
sekitar karena menciptakan lapangan pekerjaan dan efek domino lain oleh
keberadaan kegiatan itu tanpa maaf mau jujur akan 'harga' lingkungan dan sosial
lain yang ditimbulkannya.

Pihak penolak: merasa yakin bahwa keberadaan kegiatan itu akan hanya merugikan
masyarakat sekitar lingkunagn dan lain-lain . . tanpa kadang mau menghitung
manfaat lain karena keberadaanya . . .

pilihan yang harusnya lebih sering dimunculkan ke permukaan (masayarakat luas,
pemda dst) adalah: proporsi manfaat dan mudharat dari keberadaan kegiatan
tersebut; pertama bagi masyarakat (lokal) dan lingkungan, dan masyarakat lebih
luas (negara)dst . . berdasarkan hitungan 'jujur' dan bisa
dipertanggungjawabkan  . . . bukankah demikian idealnya kenapa sebuah AMDAL
diperlukan?

Matur nuwun

STJ