Mas Junrial,
Sependek pengetahuan saya, indikasi fractures dari data log selain FMI antara
lain bisa diperoleh dari Sonic Log. Kalau punyanya cuma P-wave data, indikasi
fractures bisa terlihat bila kita bandingkan porosity dari sonic log vs
porosity dari Neutron-density. Bila ada perbedaan yang signifcant, kemungkinan
itu karena fractrures (Neutron-density hanya membaca matrix
porosity....sementara sonic membaca semua porosity termasuk secondary
porosity). Kalo punya advanced sonic tools seperti Sonic Scanner (product dari
SLB), identifikasi fractures bisa diperoleh dari informasi gelombang stoneley
yang dlm display log nya menunjukkan "chevron" pattern (seperti huruf V).
Bahkan informasi azimuthal dari gelombang2 yang diterima oleh tool tersebut
bisa juga dibaca sehingga berguna untuk analisis anisotropi dalam mencari
orientasi fractures. Implikasinya juga bisa digunakan untuk geomechanic
modelling sebagai support dalam hydraulic fracturing.

Log2 lain yang bisa digunakan adalah log caliper dan shallow resistivity.
Biasanya kedua log ini dipakai untuk indikator permeability, tapi bisa juga
diinterpretasikan untuk identifikasi fractures. Biasanya permeability yang
tinggi terbaca pada batuan yang porous, tapi bila kedua log tersebut membaca
high permeability pada batuan yang tidak porous (shale atau tigh limestone)
maka kemungkinan itu fractures.
Spectral Gamma ray juga bisa mengindikasikan adanya fractures yaitu dari high
uranium reading. Biasanya pembacaan ketiga unsur radioaktif (K,U, Th) relatif
kecil bila melewati batuan yang porous. tetapi karena air formasi mengandung
uranium salt yg tinggi (dan ini juga bisa larut dalam oil) maka pembacaan unsur
U yang tinggi dalam SGR bisa mengindikasikan fractures atau high permeability.
Log2 lain seperti log SP, temperature log dll, sebenarnya bs juga dikerahkan
untuk identifikasi fractures, tapi memang semuanya tidak sebagai indikator
langsung. Data yang paling valid tetap dari core atau setidaknya FMI melalui
feature low angle conductivenya yang tampil di imagenya.

Untuk identifikasi secara lateral, multi azimuthal processing terhadap data
seismic mungkin bisa dicoba untuk analisis anisotropi dalam eksplorasi
fractures. Tentu akan lebih mantap bila mempunyai data 4C/multicomponent
seismic sehingga infomasi S-wave bisa diperoleh. Atau kalo ngak, VSP walk away
juga bisa membantu memberikan informasi anisotropi dalam mencari fractures
reservoir.

CMIIW,
Naslin

On Fri, 01 May 2009 07:55:09 +0530  wrote