Rekans,
Sangat menarik koleksi fosil yang dipamerkan di Cirebon dan diberitakan
dalam Kompas.Sayang tidak dijelaskan, fosil "otak ikan" dimana
ditemukannya,apakah ditemukan di Cirebon (atau P. Jawa?) atrau daerah lain
di Indonesia, atau dari luar Indonesia (luar negeri)? Kalau dari Cirebon
atau P. Jawa, rasanya mustahil dari batuan yang berumur 300 juta tahun,
kalau dari luar Jawa-pun masih perlu dijelaskan lokasi yang memungkinkan
fosil tersebut pada batuan Mesozoikum (300 juta tahun). Untuk fosil
buah2an dll., agar hati2, pada tahun 1995 saya kedatangan 2 turis "bule"
membawa benda yang ia sebut fosil berupa "jagung, kacang tanah, salak dll"
yang sangat mirip fosil, dan ia minta saya memeriksa dengan mengijinkan
sedikit "memecahkan" (meski saya sudah yakin kalau bukan "fosil asli")dan
ternyata bukan fosil asli, melainkan hasil rekayasa dari cetakan dan
bahannya dari silikon, kemudian - menurut saya - "ditanam dalam tanah
untuk beberapa lama" agar terkesan telah terpendam dalam tanah (batuan).
Ketika saya jelaskan pada si Bule, akhirnya mereka hanya bilang "Thanks,
now I believe that all the fossils I have are fake fossils" dan ia sudah
membayar cukup mahal.....

Wassalam,

Yahdi Zaim.
Prodi Teknik Geologi FITB - ITB