Nah, ini dia pengetahuan lapangan yang baik. Kombinasi pengetahuan dari
pengalaman masa kecil sampai masa sekarang sebagai pembimbing mahasiswa dalam
ekskursi wajib ke Muria-Demak-dan sekitarnya, tentu akan menghasilkan ekskursi
yang baik. Terima kasih Mas Agus atas informasi detailnya. Tinggal direspon
saja oleh Panitia PIT IAGI 2009 bila para peminatnya cukup. Saya hanya melempar
issue tentang Selat Muria, Pak Syaiful menangkapnya untuk dijadikan program
ekskursi dalam rangka PIT IAGI 2009 di Semarang, dan Mas Agus punya pengetahuan
lapangan yang baik.

Saya pikir semua rute yang diajukan Mas Agus baik. Di wilayah ini rute2 yang
diajukan bisa meramu fenomena2 geologi antara gununglumpur, dinamika
sedimentasi, paleontologi Kuarter, dan vulkanologi Muria sebagai kasus back-arc
volcanism. Kemudian karena wilayah ini pun merupakan sentra Kesultanan Demak
dan tempat kedudukan beberapa Wali, serta ternyata beberapa fenomena geologi
terkait ke maju dan mundurnya Kesultanan Demak; maka ekskursi ini bisa juga
meramu antara geologi dan sejarah.

Terima kasih atas ajakan Mas Agus untuk kapan2 bergabung dengan ekskursi
mahasiswa2 UGM ke wilayah ini.

salam,
Awang