Pak Koesoema, saya lagi mencoba menghubung-hubungkan gempa-gempa besar
yang terjadi di offshore Sumatera dgn ridge2 yang berkembang utara
selatan di Samudera Hindia.

Pak Danny Hilman Natawidjaja yang thesis PhD nya di patahan Sumatra ini
sampai khusus mengamati satu ridge yang berkembang di barat daya Pulau
Sumatra yang dinamakan Investigator Ridge.

Ridge ini memanjang utara selatan mulai dari sebelah timur Cocos Island.

Yang menarik lagi dari ridge ini di sebelah timur dari ridge ini
kecepatan penunjaman besarnya 60 mm/tahun sedangkan sebelah barat dari
ridge ini besarnya 52 mm/tahun.

Batas utara ridge ini adalah tengah-tengah Pulau Siberut dan Pulau Nias.
Kalo diteruskan sampai ke utara, akan terletak di sekitar danau Toba
dimana segmen utara bertemu segmen tengah.

Dua gempa besar yang terjadi tahun 1833 di Pulau Siberut dan tahun 1861
di Pulau Nias terletak di dekat ujung utara Investigator Ridge ini.

Demikian pula gempa di Aceh tahun 2004 yang juga dekat dengan ridge yang
lain yang dinamakan Wharton Ridge.

Apakah ridge2 ini juga sangat mempengaruhi besaran magnitude dari gempa
yang akan terjadi? Yang kemungkinan juga bisa diinterpretasikan bahwa
gempa besar umumnya terjadi di ujung2 ridge ini.

Ujung2 ridge ini sepertinya juga mengontrol segment2 patahan yang ada di
Pulau Sumatera terutama segmen utara dan tengah.

Mungkin rekan2 lain yang pernah membaca thesis PhD nya Pak Danny bisa
bercerita lebih panjang lebar......

Silahkan.....

-doddy-