Seoga kita selaalu mendat petunjukNYA, dari segala fenomena alam.
Bersyukurlah masih diberi waktu untuk beribadah.... amin

-----Original Message-----
From: Kuntadi, Nugrahanto [mailto:kuntadi.nugraha...@se1.bp.com]
Sent: 07 Oktober 2009 10:13
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] Doa dan gempa

Temans, kedua pendapat kubu tersirat jelas di dalam kitab suci Al Quraan.
Allah tidak pandang bulu jika menimpakan bencana kepada suatu kaum di tempat
tertentu, dan juga tidak pandang bulu apakah korban bencana itu matinya
mengenaskan atau meninggal dengan tenang, jika selama hidupnya berbuat zalim
maupun amal soleh maka ganjaran Allah tetaplah adil.

Pendapat-I: yang menyatakan bahwa setiap bencana terkait dengan kezaliman yang
berlaku atas tempat-tempat tersebut.

Al Qashash 28:59. Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota, sebelum Dia
mengutus di ibukota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada
mereka; dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali
penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.

Al An'aam 6:131. Yang demikian itu adalah karena Tuhanmu tidaklah membinasakan
kota-kota secara aniaya, sedang penduduknya dalam keadaan lengah[505].

Al 'Ankabuut 29:34. Sesungguhnya Kami akan menurunkan azab dari langit atas
penduduk kota ini karena mereka berbuat fasik.

At Taghaabun 64:11 (HATI-HATILAH TERHADAP KEHIDUPAN DUNIAWI). Tidak ada suatu
musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa
yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan
Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

DLL...masih banyak ayat yang terkait azab krn Allah murka kepada suatu kaum dan
tempat dimana kaum tersebut berada.

Pendapat-II: yang menyatakan tidak ada hubungan langsung antara kezaliman yang
ada di suatu tempat dengan bencana yg ditimpakan.

Ali 'Imran 3:135. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan
keji atau menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon
ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa
selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu,
sedang mereka mengetahui.
[229]. Yang dimaksud perbuatan keji (faahisyah) ialah dosa besar yang mana
mudharatnya tidak hanya menimpa diri sendiri tetapi juga orang lain, seperti
zina, riba. Menganiaya diri sendiri ialah melakukan dosa yang mana mudharatnya
hanya menimpa diri sendiri baik yang besar atau kecil.

Intinya adalah, jangan sampai keyakinan aqidah kita meragukan bahwa setiap
bencana yang ditimpakan Allah kepada manusia itu adalah atas ijin Allah dan
memiliki maksud2 tertentu apakah itu sebagai cobaan (bagi yang beriman) dan
musibah (bagi yang zalim).  Karena Allah Maha Adil, manakala bencana terjadi
tanpa pandang bulu maka bagi mereka yang ketika bencana terjadi sbg peringatan,
tetapi selama ini telah melakukan amalan kebaikan maka apa pun cara mereka
meninggal (tertimpa runtuhan, tenggelam, jatuh, dll terkait bencana tsb) insyaa
Allah tetap mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Bahkan meninggal dengan cara
tertimpa reruntuhan, sakit keras (perut / paru-paru), tenggelam merupakan salah
satu ciri seseorang itu mati syahid. Begitupula sebaliknya bila mereka yang
selama ini zalim ketika meninggal saat bencana terjadi.

Mari sikapi bencana ini dengan tetap mengedepankan aqidah bahwa semua ini
terjadi bukan tanpa maksud dari Allah, akan tetapi juga ikhlas membantu mereka
yang sedang ditimpakan bencana semoga mereka dalam keadaan sabar di dalam
beriman dan bertahan hidup, aamiin.

Kenapa Jakarta, Las Vegas, dan kota-kota penuh maksiat tidak ditimpakan bencana
sebagaimana penduduk yang konon religius masyarakatnya....?
Ibarat kandang ayam, sapi, atau kerbau bahkan babi yang penuh dengan kotoran
mereka sendiri - maka pemilik kandang akan maklum bahwa itu memang kandang jadi
kalau pun terlihat kotor ya tidak mengapa lah.  Tetapi apabila kita tahu bahwa
suatu rumah tempat tinggal yang bersih tiap hari di sapu, pel, dll, ketika ada
kotoran ayam atau bahkan cicak sekalipun maka pemiliknya dengan sigap akan
membersihkannya.  Mungkin Allah melihat kantung2 religius spt kata Pak Lisapaly
ini perlu dibersihkan sesegera mungkin dari kotoran - tapi Jakarta dan kota
besar lainnya gak papa lah....;-)

Ada satu ayat yang mulia dalam Al Quraan juga yang menyebutkan bahwa "cobaan /
musibah" itu bisa berupa bencana ataupun kemakmuran - yg pada intinya keduanya
bisa membuat manusia lengah.  At Taubah 9:24. Katakanlah: "jika bapa-bapa,
anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang
kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal
yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari
berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya."
Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

Jadi, Jakarta dan kota besar lainnya di dunia yg "terlihat aman dari bencana" -
cermatilah kemewahan serba berkecukupan yang penduduknya dapati ini apabila
membuat mereka lengah utk beribadah kepada Allah sesuai petunjuk Rasulullah,
bersegeralah bertaubat.  Walaupun kemakmuran terlihat fisik lebih nikmat
ketimbang bencana alam, azab / ganjaran Allah di hari akhir kelak terhadap
mereka yang zalim tetaplah pedih tak terkira.  Saya tutup tulisan saya ini
dengan ayat mulia sbb:

Al Baqarah 2:211 (Hikmah diutusnya para rasul dan pelbagai cobaan bagi para
pengikutnya). Tanyakanlah kepada Bani Israil: "Berapa banyaknya tanda-tanda
(kebenaran)[132] yang nyata, yang telah Kami berikan kepada mereka." Dan
barangsiapa yang menukar nikmat Allah[133] setelah datang nikmat itu kepadanya,
maka sesungguhnya Allah sangat keras siksa-Nya.
[132]. Yaitu tanda-tanda kebenaran yang dibawa nabi-nabi mereka, yang
menunjukkan kepada keesaan Allah, dan kebenaran nabi-nabi itu selalu mereka
tolak.
[133]. Yang dimaksud dengan nikmat Allah di sini ialah perintah-perintah dan
ajaran-ajaran Allah.

Salam...