Rekan-rekan Yth,

Ketika sedang bekerja di pemboran terpencil, saya sempat berhubungan dengan Pak
Bondan Winarno. Beliau kita kenal sebagai pengelana dan penulis wisata kuliner
yg handal; ternyata beliau juga penulis manajemen yang produktif (saya sempat
mengoleksi dua bukunya: Kiat seratus bisnis)dan juga penulis investigatif yg
kritis. Saya dijanjikan akan dikirimi bukunya yg urung dijual di pasar bebas
karena dilarang, dan buku tersebut hanya menumpuk di gudang rumahnya. Saya
tidak dapat membayangkan betapa besar kerugian materiil dan moril bagi
penulisnya.Ketika pulang dari rig, di rumah sudah ada buku dalam amplop,
kiriman dari Pak Bondan (belum selesai saya baca).
Buku berwarna hijau dng tulisan warna kuning emas terdiri dari 280 halaman.
Pada sampul belakaang ditulis:
Kasus Bre-X yg mengguncang dunia telah melibatkan Indonesia sebagai locus
delicti  dari delik penipuan terbesar di bidang eksplorasi emas.Dengan tingkat
pengalaman dan pengetahuan yang tinggi di bidang geologi, bbrp oknum tertentu
diduga telah sengaja menggelembungkan data potensi  cebakan emas Busang. Harga
saham Bre-Ex yg semula hanya 40 sen, melejit ke tingkat di atas C$200.
Terbongkarnya skandal Bre-X dengan segera pula menghempaskan harga saham ke
lantai. Ribuan orang terkecoh dan menderita kerugian besar. Siapakah otak
penipuan ini? John Felderhof yang masih "bersembunyi" di Grand Cayman Island?
Atau Michael de Guzman yang mati bunuh diri karena meloncat dari helikopter?
Tetapi, benarkah De Guzman sudah mati? Atau, mungkinkah itupun hanya sebuah
sandiwara kematian?

Sebagai tambahan informasi, penulis menyelipkan kertas kuning sebagai
penjelasan tambahan dengan judul:  Setahun dalam pemberangusan.
Dalam tulisan ini deceritakan, setelah  selesai cetak pada awal Juli 1997,
sebelum dijual, penulis diminta menghadap seorang pejabat. Penulis diminta
untuk tidak memasarkan buku, dan semua ongkos akan diganti...Begitu mudahnya
suatu harapan dipenggal.
...Penulis sempat menemui istri kedua "almarhum" De Guzman yang asli Dayak,
ditanyakan kepadanya, apakah menurut naluri, sang suami sudah meninggal? Dia
memandang penulis agak lama, "Bapak tahu 'kan saya adalah orang Dayak?"
tanyanya berhati-hati. "Bapak mungkn tak tahu bahwa orang dayak punya kemampuan
untuk berkomunikasi dengan roh orang yang sudah meninggal." Saya mencoba untuk
melakukannya sendiri, tetapi tidak berhasil. Saya minta bantuan saudara-saudara
saya untuk melakukannya bersama-sama, roh suami saya tetap tidak mau
berkomunikasi dengan kami. Atas dasar itu saya berkeyakinan bahwa suami saya
masih hidup. Roh orang yang masih hidup tidak dapat didatangkan dengan cara ini.

Ibu ini mengaku tak pernah dihubungi oleh De Guzman sejak 18 Maret 1997,
sekalipun ada informasi bahwa setelah itu ada kiriman uang dalam jumlah besar
kedalam rekeningnya...

Semoga di dalam waktu mendatang buku Pak Bondan ini dapat dijual bebas di
pasaran sehingga bermanfaat bagi geologist dan masyarakat umum.

Salam hangat,
Sugeng

--
Sent from my mobile device