Pak Awang, Pak Kendar, Mas Wikan dan teman-2 lainnya;

Trimakasih atas semua komentarnya tentang Cadas Harau. Saya tunggu kapan IAGI mengadakan fieldtrip ke Sumbar. Bang Syaiful, mari mumpung kita masih kuat dan gagah-2. Dulu, ketika kerja di Bangko-Sarolangun, saya sempat ke Padang lewat Muarabungo-Rimbobujang (tempat trans asal Wonogiri)-Sungai Dareh, Silungkang-Solok (kotanya indah)-turun ke Padang (semua pemandangannya sangat mempesona), esoknya ke Bukit Tinggi lewat Lembah Anai (ada rel kereta api kuno seperti yang pernah saya lihat dalam buku pelajaran)-Singgalang-Pagaruyung (rumah Gadang yang konon belum lama ini sempat terbakar). Di sini saya mendapat pelajaran berharga: Ketika selesai mengagumi banguanan yang indah, kami didatangan pedagang kecil (murid SD) penjual kripik singkong balado. Karena tidak tertarik (saya pikir minyaknya getir dan pedas...), saya hanya ingin kasih uang jajan; sebelum dilaksanakan saya pun minta ijin mas Yulfi (kawan geologist) dan dia berbisik: Jangan mas, dia nanti tersinggung. Kalau mas tidak beli ya tidak mengapa, tetapi coba dulu lah.... Saya pun beli dua bungkus dan langsung dimakan,. Ternyata rasanya jauh berbeda dng yang saya duga atau yang pernah dibeli di Jkt. Selain gurih dan renyah, perpaduan antara manis dan pedasnya pas. Dalam hati saya agak malu. Maka seluruh dagangannya pun kami beli. Ketika pulang ke Jkt kawan ini juga memborong untuk oleh-2.

Kembali ke wisata Geologi.
Terinspirasi novel Laskar Pelangi, bbrp bulan yll Wardhani (putri saya) dan bbrp teman pengajar di UI melancong ke Belitung. Tidak ketinggalan Emaknya diajak. Di sana pada menikmati pemandangan pantai yang luar biasa indah, dengan air sangat bening dan bongkah-2 batu granit yang anggun, serta hidangan ikan laut yang lezat (dan murah). Sebelum berangkat Dhani minta penjelasan tentang pulau Belitung dan Granit. Saya hanya dapat menjelaskan bahwa Bangka-Belitung ini berada di dataran Sunda yang menyambung dengan Asia, terdiri dari batu-2 Granit berwarna putih (granit ini juga ditemukan di Natuna). Hasil pelapukannya yang terhampar di pantai pun berwarna putih dan indah (pantai Parai di Bangka dll). Ternyata di Belitung dia ditanya pemilik biro perjalanan yang melayaninya; dan pemilik pun cukup puas dengan penjelasan "sekedarnya", dan beliau tahu bahwa batu-2 besar itu bernama Granit. Mohon penjelasan kawan-2, apa dan bagaimanakah bongkah-2 Granit ini, sebab dalam waktu dekat saya akan dibujuk untuk berkunjung ke Belitung.

Trimakasih dan salam,
sugeng

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...
DISCLAIMER: IAGI disclaims all warranties with regard to information posted on its mailing lists, whether posted by IAGI or others. In no event shall IAGI or its members be liable for any, including but not limited to direct or indirect damages, or damages of any kind whatsoever, resulting from loss of use, data or profits, arising out of or in connection with the use of any information posted on IAGI mailing list.