Rekan-rekan,

Melalui e-mail ini saya juga ingin menyampaikan 'kerisauan' saya
sehubungan dengan AAPG.

Pertama-tama saya perlu sampaikan kembali mengapa saya ikut aktif di
AAPG. Alasannya terutama adalah untuk:
1. Mempromosikan dunia geologi Indonesia di dunia international.
Informasi geologi Indonesia sebaiknya tidak hanya dipromosikan oleh
orang-orang asing yang bekerja di Indonesia (menurut saya). Misalnya
lewat Robert Hall, Dick Murphy, atau orang-orang dari petroleum
companies yang kerja di Indonesia melalui IPA. Orang-orang Indonesia
juga punya peneliti-peneliti ulung yang pendapatnya perlu
dipertimbangkan.
2. Mengalokasikan resources AAPG (dana, buku, pengetahuan) untuk
membantu perkembangan ilmu geologi di Indonesia. Kalau kita aktif di
AAPG kita bisa mengalokasikan
a. dana untuk tour lecture di Indonesia, mendanai tour lecture di
Indonesia (contoh: tour lecture Prof. Koesoemadinata yang mengunjungi
universitas2 di Indonesia) atau kegiatan mahasiswa di Indonesia.
b. buku, book donation untuk universitas2
c. pengetahuan: kita bisa menentukan 'international lecturer' yang
diperlukan untuk datang ke Indonesia

Problemanya sekarang, dalam regenerasi (Rovicky selalu mengingatkan saya
mengenai regenerasi / ambil alih tongkat estafet). Jumlah anggota AAPG
di Indonesia sekarang sekitar 450 orang, nomor 2 setelah Australia.
Sayangnya saat ini relatif sangat sedikit orang Indonesia yang terlibat
aktif di AAPG. Kedudukan anggota AAPG di Indonesia (disebut House of
Delegates / HOD) masih diwakili oleh ORANG ASING, dan orang ini diwakili
oleh Yusak Setiawan. Meskipun orang-orang ini mencoba yang terbaik untuk
Indonesia, saya rasa sudah waktunya kalau orang Indonesia bisa mewakili
bangsanya sendiri. Bahkan orang Indonesai mungkin bisa mewakili Asia
Pacific region.

Tahun depan akan ada pemilihan HoD. Mudah-mudahan ada rekan-rekan yang
mau menyediakan diri untuk mewakili geologiwan Indonesia di AAPG. Saya
sudah menghubungi beberapa rekan melalui japri. Tapi saya perlu banyak
masukan.

Salam,

Herman

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...