Saya tidak tahu persis untuk saat ini namun beberapa perusahaan eksplorasi
batubara di Indonesia lima tahun yll  sudah mengaplikasikan berbagai tools
bukan hanya caliper, gamma-ray dan density. Tambahan lagi, mulai banyak juga
kontraktor nasional yg menyediakan jasa logging yg bervariasi dan
kualitasnya tidak kalah dengan pemain asing.

Mengenai analisa petrofisik, meski terbatas, hal ini umum dilakukan untuk
mengevaluasi sumberdaya/cadangan, misalnya untuk kadar abu (ash/mineral
matter) dengan x-plot as vs density, yg pada gilirannya juga digunakan utk
mengevaluasi prospek CBM. Acoustic scanner log juga membantu utk menganalisa
dan mengkuantifikasi permabilitas dari cleat. Contoh lain adl x-plot neutron
dgn density yg digunakan utk analisa rock strength (dlm UCS).

Untuk CBM, baik untuk komersialisasi atapun safety/degassing, umumnya cara
eksplorasi yg digunakan di dunia pertambangan batubara masih konvensional,
yakni mengambil contoh intibor dan mengukur kandungan gas. Setelah semua
logging geofisika yg perlu dilakukan (termasuk log temperatur) selesai,
barulah insitu stress dan permeability test dilakukan.

Barangkali ke depan teknologi insitu "gas sensing" yg seperti dimiliki
WellDog, Weatherford Lab, dll akan makin berkembang dan banyak digunakan.

Semoga membantu.

Salam,
Noel