From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
Date: Mon, 21 Feb 2011 09:52:21
To: <iagi-net@iagi.or.id>; Forum HAGI<fo...@hagi.or.id>;
<geologi...@googlegroups.com>
Subject: Re: [iagi-net-l] Re: Trenggalek Swarm Earthquake
Saat ini ada 3 hipotesa yang dapat saya kumpulkan.
1. BMKG menyebutkan Tektonik. Saya kira (dari penyebaran episenternya) ada
asosiasi dengan patahan sejajar Patahan Grindulu.
2. PVMBG Pak Surono mengatakan adanya *gerakan tanah lambat* (istilah ini
baru akau denger, dalam geologi apa ya ?
http://surabaya.detik.com/read/2011/02/19/165457/1574313/475/pvmbg-getaran-dan-dentuman-di-trenggalek-bukan-gempa-tektonik
*"Kalau istilah teknisnya, kami biasa menyebut kriting. Di Indonesia,
khususnya yang memiliki kemiringan tanah sedang, itu biasa terjadi," kata
Kepala PVMBG Surono kepada detiksurabaya.com saat dihubungi, Sabtu
(19/2/2011).
*
3. Pak Danny H memperkirakan Aktiifitas (magmatik) volkanik Gunung Wilis

Tentunya seperti biasanya, pendekatan scientific harus dimulai dengan
hipotesa dan kemudian dicari data dan disimpulkan apakah hipotesa benar atau
salah.

Salam nyaintifik !

RDP

<http://rovicky.files.wordpress.com/2011/02/swarmtrenggalek.jpg>