Apakah ini yang disebut pyro -analysis yang pakai ditiup itu (saya lupa nama
benarnya, tetapi pakai pyro) ?
RPK
  ----- Original Message -----
  From: Yo Sumartojo
  To: Miko Sudjatmiko ; iagi-net@iagi.or.id
  Cc: sf.guna...@ymail.com
  Sent: Thursday, August 11, 2011 7:46 PM
  Subject: [iagi-net-l] GEM-LOVERS : BURUK MUKA ,CERMIN JANGAN DIBELAH (
KOREKSI )- Ikutan ngomong dari Sumartojo

  Mas Miko,

  Pendapat rekan Gunardi Faisal sangat tepat. Lihat saja paragenesis-nya
malachite dan azurite karena adanya cuprite. Mungkin saja dulunya juga ada
chalcopyrite yang anak-anaknya menjadi mineral mineral sekunder tadi.

  Sewaktu saya mahasiswa Tambang di ITB (1955-1961) belajar analisa kimia
dengan "ngetes" beberapa mineral logam dengan melihat warna apinya. Mudah
sekali! Kalau sempat silakan melihat di situs ini:

  http://www.chemguide.co.uk/inorganic/group1/flametests.html

  http://en.wikipedia.org/wiki/Flame_test

  Yang paling menarik kalau ada rekan lainnya yang mempunyai mikroskop
refleksi, cerita paragenesis mineral anda menjadi lebih menarik seperti melihat
silsilah suatu keluarga (kelompok mineral) dengan memeriksa sajatan gosok
("polished section").

  Salam,

  Yo
  J. ("Yo") Sumartojo