Pak Bosman,

Di dalam software-software pemodelan basin maupun software simulasi
reservoir pasti di dalamnya ada fungsi-fungsi numerik yang digunakan dalam
pembuatan algoritma. Bagi produsen software pasti hal itu sangat penting,
sedangkan bagi Indonesia yang biasanya hanya sebagai pengguna software hal
itu tidak terlalu penting, mungkin cukup untuk memahami konsep-konsep
geologinya saja. Salah satu contoh buku yang membahas pemodelan basin secara
numerik adalah Allen and Allen, dengan judul bukunya "Basin Analysis -
Principles and Applications". Di Indonesia saya rasa kurang populer, karena
pemikiran-pemikiran yang ditanamkan kepada mahasiswa bahwa seorang geologist
biasanya tidak (perlu) handal di matematika, dan lihat saja kita tidak
memiliki IAMG SC - International Association for Mathematical Geosciences
Student Chapter.

Salam
Sangga, UGM'07

Pada 23 Agustus 2011 19:18, Syaifullah, Toddy