Yang namanya kerak stabil tak sepenuhnya stabil. Terrane tectonics meneorikan
bahwa craton yang stabil pun disusun oleh a mosaic of microplates yang pada
sambungan-sambungannya (sutures) suka menjadi episentrum gempa yang kita sebut
intra-plate earthquakes. Kasus gempa Singkawang, episentrumnya berfokus di
trace Lupar Line yang merupakan suture line antara terrane Semitau (Metcalfe,
1996) dan accreted crust Sibu Zone (van Bemmelen, 1949). Soal lokasi, tak
mengherankan karena Lupar Line pernah menjadi wilayah tidak stabil. Yang
menarik justru reaktivasinya sendiri sebab kini Lupar Line jauh dari tepi2
lempeng aktif. Volkanisme di sini juga semuanya purba, masih berkaitan dengan
magmatisme bagian utara Schwaner atau beberapa intrusi basaltik saat spreading
South China Sea terjadi.

Lebih jauh tentang intra-plate earthquakes, seperti yang disebutkan Kang Danny,
Australia menyediakan referensi yang paling baik kelihatannya. Bila menyeriusi
kasus gempa di Singkawang, maka metode2 penelitian yang dipakai di Australia
barangkali bisa diterapkan di area Kalimantan Barat ini.

Semua gempa di Australia umumnya merupakan intra-plate earthquakes yang tentu
saja frekuensinya jauh lebih kecil daripada gempa2 di active margin seperti di
Indonesia. Karena intra-plate seluas Australian Plate, maka gempa bisa terjadi
di mana saja di Australia, tetapi di Western Australia paling banyak. Gempa
terbesar Australia juga terjadi di Western Australia, 7.2 magnitude di
Meeberrie pada tahun 1941.

Beberapa penelitian seismologi dan tektonik pernah dilakukan di Yilgarn craton,
W-SW Australia), sebagian dipublikasi (Reading et al, 2003; Allen et al., 2004;
Reading & Kennett, 2003; Dentith et al., 2000), untuk memahami struktur salah
satu craton terkenal di dunia ini. Yang namanya intra-plate earthquake atau
intra-cratonic earthquake itu adalah earthquake di batas terranes yang menyusun
Yilgarn craton. Gempa di area Singkawang juga gempa di batas terranes.

Yilgarn Craton adalah geological entity terluas di Australia Barat dan salah
satu craton berumur Archaean terbesar di dunia. Untuk memahami struktur craton
ini para peneliti pernah melakukan berbagai penelitian geologi, seismik
refraksi dan refleksi di daerah ini sehingga bisa disusun crustal velocity
structure di craton ini. Berdasarkan sejumlah penelitian diketahui bahwa
Yilgarn craton merupakan two-layered crust dengan ketebalan rata2 35 km
(Dentith et al., 2000). Namun secara lateral, banyak dijumpai variasi dalam
velocity structure yang ternyata setelah disintesis gejala ini
berhubungan dengan terrane boundary. Beberapa zona high-velocity ditemukan,
yang mungin kejadiannya bisa berhubungan dengan : (1) kehadiran mafic to
ultramafic intrusions, (2) high-velocity zone tersebut merupakan fault-bounded
mega-sliver, semacam suspect terrane dengan oceanic affinities -sliver adalah
suatu exotic bodies yang terselip di area yang secara umum berbeda sifatnya
dengan sliver tersebut.

Struktur bagian dalam dan upper mantle Yilgarn Craton pun pernah diteliti
menggunakan lintasan teleseismic dari Perth-Kalgoorlie dan sebuah lintasan 200
km di sebelah utara Kalgoorlie (Reading et al., 2003). Sifat kerak dan upper
mantle ditentukan berdasarkan model seismic-velocity. Hasil dari penelitian ini
adalah pengetahuan tentang pola akresi Yilgarn Craton, di area mana yang banyak
akresi, di area mana yang sepi dari akresi. Penelitian pun menemukan bahwa
Mohorovicic discontinuity jelas di area bagian tengah terrane, tetapi kabur dan
bergradasi di area terrane boundary. Variasi lateral craton dan pola
akresinya menunjukkan bagaimana evolusi Yilgarn Craton terjadi.

Gempa di Singkawang bisa saja merupakan kumulasi strain sekian lama atau
terjadi karena build up of stress di kerak Bumi yang disebabkan gerakan
lempeng-lempeng sekitar Kalimantan, meskipun jauh lokasinya saat ini. Build up
stress ini bila melewati batas tahan batuan akan mematahkan batuan yang
pilihannya akan lebih sering pada zona-zona lemah seperti terrane boundary.

salam,
Awang

Referensi 2terkait yang saya sebutkan di atas :

- Reading et al., 2003, Seismic structure of the Yilgarn craton, Western
Australia : Australian Journal of Earth Sciences, 50/3, 427-438.
- Allen et al., 2004, Low Stress Drop Swarm Events in the Yilgarn Craton,
Western Australia : American Geophysical Union, Fall Meeting 2004, abstract
#S11A-0994.
- Dentith et al., 2000, Deep crustal structure in the southwestern Yilgarn
Craton, Western Australia, Tectonophysics, 325, 227-255.
- Reading & Kennett, 2003, Lithospheric structure of the Pilbara Craton,
Capricorn Orogen and northern Yilgarn Craton, Western Australia, from
teleseismic receiver functions  : Australian Journal of Earth Sciences, 50/3,
439-445