To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Tuesday, November 29, 2011 7:20 AM
Subject: [iagi-net-l] Program dijitasi buku dan paper yang diterbitkan IAGI --> INFO PAPER-PURBALINGGA

Pak Koesoema dan rekan-rekan IAGI.

Ide Pak Koesoema ini sudah mulai dijalankan di IAGI. Menjelang
sertijab IAGI, Sejak bulan kemarin saya sudah meminta ke Pak Sutar
(IAGI sekretariat) untuk menginventarisir semua publikasi yang pernah
diterbitkan oleh IAGI. Serta menginventarisir buku-buku serta
prosiding yang saat ini MASIH ADA di sekretariat IAGI, ya karena
banyak prodising yang di sekretariat justru tidak lengkap. Menurut
beberapa informasi yang saya terima, prosiding ini masih ada di salah
satu anggota IAGI. Saya sudah sejak lama menginginkan dijitasi
prosiding IAGI ini, program ini sebenarnya sempat saya inisiasi namun
kebetulan anggota IAGI yang menanganinya jatuh sakit, sehingga program
ini terbengkalai. Untuk melengkapi daftar publikasi terbitan IAGI,
Saya sudah menghubungi juga pengurus perpustakaan Teknik Geologi- UGM,
dimana kepala perpustakaan di TGeologi UGM ini telah meraih juara
pengelola perpustakaan se Indonesia, saya yakin beliau dapat membantu
penelusurannya.
Sewaktu mengikuti acara Workshop editorial on geoscience Journal di
Bandung pekan lalu, ada salah satu anggota sudah menyatakan keinginan
untuk mengerjakan program dijitasi ini. Saya yakin akan ada kemajuan
dalam waktu mendatang.

Akan halnya untuk membuka atau mempermudah di donload di Web ini juga
menjadi slah satu tujuan dari program dijitasi ini, walaupun masih ada
yang perlu dibicarakan tentang akses ini. Apakah digraiskan atau
membayar. Karena publikasi yang ada di IPA, AAPG maupun organisasi
profesi lainnya tidak ada yang menggratiskannya.
Program dijitasi ini bukan hanya sekedar melakukan scanning tetapi
juga melakukan indexing sebagai pelengkap sebuah database peblikasi.
Sehingga dapat dilakukan searching serta archieving yag benar. Dengan
demikian akan memerlukan beberapa volunteer anggota IAGI yang bersedia
bekerja bahu membahu dalam penyusunan

Kami masih memerlukan saran serta kami masih menerima ide-ide tentang
program ini.

Salam

Rovicky Dwi Putrohari