Mas Brahmantyo hadir saja nanti kamis sore di acara ini.
Mungkin penjelasan dengan jumpa darat akan lebih menjelaskan maksud Panitia.
Btw, Setahu saya Prof Dr sutikno Bronto memang ahlinya gunungapi purba.
Sesuai dengan tujuan penelitian kebencanaan purba.

Sampai jumpa di seminar sore

Rdp

On Tuesday, February 28, 2012, Brahmantyo Gunawan <brm...@yahoo.com> wrote:
> Menurut Saya, temanya rada bias (mungkin bisa diklarifikasi panitia) .
Seminar dengan tema: "Jejak Bencana dari Situs-situs Purbakala: Aplikasi
Konsep dan Metoda Geologi Untuk Mitigasi Bencana Indonesia" ini apakah
pembahasannya :
> - Tentang pembuktian 'situs purbakala' yg dari kemarin sudah dibahas ?
(karena diembel-embeli dengan catatan:

> “Ada apa dengan Sadahurip dan Gn Padang ?“). Karena  Gn. Sadahurip pun
belom jelas sebagai situs purbakala buatan manusia atau bentukan alam.

>  - Tentang bencana (geologi) yg terjadi di situs2 purbakala ? Kebanyakan
situs bangunan purbakala di Indonesia kan umumnya tertutup material erupsi
volkanik dan sebagian mungkin karena  banjir (air/lumpur), atau kena gempa
?  Bencana ini kan sangat lumrah terjadi di wilayah NKRI. Lalu, apa kira2
yang akan dibahas ? Kalau secara teknologi, tentu masyarakat purba belum
sampai pada tahap membuat bangunan/candi yang tahan-gempa  (atau mungkin
sudah?), tetapi kalau kena endapan material volkanik sih, jangankan candi
zaman baheula, bangunan sekarang-pun ya bisa saja terkena, selama posisinya
deket dengan Gunung Api.  Kalau mau dipertanyakan, kenapa bangun Candi/kuil
nya ko di deket Gn.Api ?  Lha wong maunya mereka mbangun disitu dan memang
dihadapkan ke gunung tsb.
> - Tentang Mitigasi Bencana Geologi (Aplikasi Konsep dan Metode Geologi)
?, nah kalo ini penting dan perlu. Tetapi, apakah sebaiknya juga ada
narasumbe dari PVMGB yang lebih kompeten ?

> Maaf kalo pertanyaannya lugu dan naif. karena Saya tidak kompeten di
bidang geoarkeolog maupun geobencana.

> Salam,
> BKG
>
> --- Pada Sel, 28/2/12, iagi <iagi...@cbn.net.id> menulis:
>
> Dari: iagi <iagi...@cbn.net.id>
> Judul: [iagi-net-l] Seminar sore Kebencanaan Purba dan Mitigasi
kebencanaan (Kamis, 1 Maret, 17:00-20:00)
> Kepada: iagi-net@iagi.or.id
> Tanggal: Selasa, 28 Februari, 2012, 10:15 AM
>

> “Ada apa dengan Sadahurip dan Gn Padang ?“
>

> PP-IAGI Mengundang anggota IAGI untuk berdiskusi dalam bahasa
kegeologian. dalam Seminar Sore "Jejak Bencana dari Situs-situs Purbakala:
Aplikasi Konsep dan Metoda Geologi Untuk Mitigasi Bencana Indonesia"

> Bersama Dr Andang Bachtiar, Dr Danny Hilman, dan Prof D Sutikno Bronto.
>
> Hari/Tanggal : Kamis, 1 Maret 2012
> Waktu : 17:00 – 20:00 Wib
> Tempat : Ruang Rapat Gedung Batubara Lt 2, Direktorat Pembinaan
Pengusahaan Batubara Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 10, Jakarta