Tanggul lumpur kritis

Gambar yang saya pegang ini menunjukkan hasil pemodelan stabilitas
tanggul dan sudah menunjukkan  sangat kritis serta sudah mulai longsor,
seperti ada rumah yang miring, rel yang melengkung, pipa pdam pecah,
jalan porong naik dll.  Jadi bagi para pengunjung hati hatilah.
Saya ungkap ini di Metrotv karena saat ini masyarakat korban lumpur yang
terdiri dari bapak-ibu dan anak anak menduduki tanggul, khawatir kalau jebol
akan menjadi preseden buruk untuk kita Indonesia.

Talk Show  Tahun Lumpur Lapindo

Rumah terdongkrak karena tanggul di belakangnya ambles
 Dampak sangat luas dan belum ada tanda-tanda mau berhenti membuat "ketakutan"
masyarakat Jatim dengan eksplorasi migas

Kepada semua saja yang ada di tanggul lumpur Sidoarajo, berhati-hatilah bila
tanggul menunjukkan tanda tanda sebagai berikut :
1. air lumpur sejajar tanggul atau sudah
 melimpah melebihi tanggul (over topping)
2. ada rembesan air di tubuh tanggul dan atau di pondasi di bawah tanggul
(piping)
3. ada retakan baik sejajar dan ataupun memotong tanggul
4. ada erosi di permukaan yang kalau dibiarkan akan semakin melebar dan semakin
dalam
4. ada longsor di tanggul dan atau di tanah dasar tanggul
5. ada pergeseran tanggul
Perlu disadari bila tanggul jebol kita langsung tenggelam dan tebenam
lumpur, kalau air kita masih bisa bergerak naik, tapi kalau lumpur akan
susah bergerak.

Semoga bermanfaat

Kirim email ke