Saya juga pengin tahu sejarahnya, siapa yg pertama kali menemukan &
merumuskan equation Indonesia yg dipakai utk menghitung water saturation di
reservoir shaly sand yg tersebar banyak hampir diseluruh basin di
kep.Indonesia.

Reservoir semacam ini kalau menggunakan Archie-Sw equation akan
mendapatkan hasil yg pessimistic (lebih tinggi) angka Sw nya, karena adanya
kandungan clay bound water yg biasanya lebih asin dan menurunkan
harga Resistivity, sehingga menaikkan nilai Sw (pessimistic) yg terhitung.

wass,
nyoto