From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
Date: Mon, 9 Jul 2012 10:51:42
To: IAGI<iagi-net@iagi.or.id>; <geologi...@googlegroups.com>
Subject: [iagi-net-l] SHALE RESERVOIR : Start from the scratch ! (mulai dari
lapangan lagi)
Semangat pagi !!

Diskusi shale gas/shale oil ini akan menjadi topik utama dalam beberapa
tahun kedepan dan bahkan saya yakin akan menjadi 'daerah baru' dalam
eksplorasi migas. Saya lebih menyukai menyebutkan SHALE RERVOIR ketimbang
shale gas atau shale oil. Seperti ketika menyebutkan carbonate reservoir
dan clastic reservoir play, dalam hal ini SHALE sebagai reservoir dan juga
sekaligus sebagai *sourcerock*.

Potensi sumberdaya migas nonkonvensional ini sangat mungkin tidak dapat
sekedar mengikuti pendekatan dengan ilmu pengetahuan, tehnologi serta data
konvensional yang ada. Saya sendiri meyakini pendekatan eksplorasi dan
produksi migas (hidrokarbon) ini dalam banyak hal harus dimulai dari awal
(strating from the creatch). Dahulu shale ditinggalkan tidak dianggap
sebagai batuan porous sehingga (hampir) tidak pernah ada yang melakukan uji
porositas dan permeabilitas. Bahkan seorang geologist akan cenderung "malu"
ketika melakukan pengambilan sample bawah permukaan tetapi yang keluar
adalah shale.

Eksplorasi *shale reservoir*, saya cenderung mengikuti penggunaan kata
shale reservoir ketimbang shale gas maupun shale oil. Karena dalam hal ini
memang shale ini sebagai reservoir-nya. Shale sebagai batuan yang memang
dicari dan sebagai 'kontainer' yg dicari.

Banyak hal-hal yang harus diubah dalam benak kita ketika melakukan riset
shale ini, yang mungkin aja akan merubah cara pandang geologi, stratigrafi,
serta sedimentologi dari batuan ini. Dahulu kita berbicara arus traksi,
arus laminer dll ketika melihat sebuah proses pengendapan. Shale barangkali
tidak lagi seperti itu (cmiiw). Shale bukan hanya sebagai material yg
berukuran lebih halus dari pasir ataupun lanau (silt). Barangkali saja
nantinya berpikir asosiasi silt dan find sand akan ditinjau sebagai hal
berbeda dengan sisipan lempung dalam lapisan batupasir.

Memang akan ada ilmu-ilmu dasar dan terutama basic physics yg masih akan
dipergunakan tetapi saya yakin geologist harus kembali ke lapangan melihat
batu, melihat singkapan !

Salam senin ...

*"Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"*

Kirim email ke