Pak Rovicky, Pak Mirzam dkk.

Pecahan/terrane Australoid ini ada yang definitif karena sudah didapatkan hard
datanya dari sumur2 yang menembus basement-nya atau dari data field geology;
ada juga yang masih 'suspected Australoid terrane'. Dalam klasifikasi definitif
misalnya: Paternoster, Banggai-Sula, dan Buton. Yang suspected misalnya terrane
Mangkalihat, atau terrane yang belakangan ramai diusulkan group Robert Hall
(Helen Smyth, misalnya di IPA Proceedings IPA 2003 dan 2005), juga belakangan
di sebelah selatan Jawa Timur yang semula dipublikasi Ian Deighton TGS di
pertemuan SEG-HAGI di Bali 2010 yang kemudian ditangkap Robert Hall dengan
menempatkan mahasiswanya di situ dan menggunakan data TGS.

Terranes Australoid suspected ini hanya berdasarkan data tidak langsung
piroklastika gunungapi yang duduk di atasnya, dianggap basement-nya adalah
Australoid. Dari segi validasi data, tentu berbeda data yang direct dan
undirect.

Meskipun demikian memang publikasi2 dalam lima tahun belakangan ini cukup
gencar oleh pembahasan terrane Australoid yang masuk ke Indonesia Barat di sisi
timur Sundaland. Sebagian ada yang benar, sebagian lainnya menurut hemat saya
ada juga yang "jump to conclusion".

salam,
Awang