 From: Elan Biantoro <ebiant...@bpmigas.go.id>
To: 'Forum Himpunan Ahli Geofisika Indonesia' <fo...@hagi.or.id>
Sent: Friday, September 21, 2012 8:05 AM
Subject: Re: [Forum-HAGI] Kerja sama BPMigas - Universitas

Betul sekali yang disampaikan oleh Mas Tur Nugroho. Tujuan utama Program NCB
BPMIGAS – Universitas adalah lebih kepada bagaimana meningkatkan kapasitas
nasional dalam rangka peningkatan produksi migas nasional. Karena akan sangat
sulit bagi BPMIGAS yang tugas utamanya menjadi pengawas pengendali industry
hulu migas sekaligus menjadi penyalur lulusan universitas yang ada ilmu
kebumiannya. Saya kira disini yang bisa jadi jembatan adalah organisasi
keprofesian seperti HAGI, IAGI dan IATMI untuk jadi komunikator universitas di
daerah (di luar UI,Trisakti,  ITB, Unpad, UGM,  UPN) ke industri. Saya ingat
waktu saya masih aktif di HAGI dan kebetulan saya masih di bagian perencanaan
(Divisi Eksplorasi dan Divisi Jianbang), saya sering menjadi
mediator/fasilitator beberapa mahasiswa untuk bisa kerja praktek dan tugas
akhir di KKKS. Dan ternyata mereka dinilai sangat baik (karena saya ikut
menyeleksi mahasiswa tersebut, tentunya saya tidak akan merekomendasi
 mahasiswa yang tidak potensial), bahkan ada yang langsung direkrut oleh
KKKSnya. Untuk para universitas daerah yang ada ilmu kebumiannya (Unila,
Unibraw, Undip, Unhas dll) ada baiknya  mencoba berhubungan dengan organisasi
keprofesian untuk membuat kerjasama. Sekarang saya sudah bertugas lagi di
Jakarta (setelah berkelana di Sumbagsel dan Jabanusa), mudah-mudahan dengan
kesibukan saya sehari-hari saya masih bisa membantu bersama HAGI, IAGI dan
IATMI untuk memberdayakan para lulusan ilmu kebumian di industry hulu migas.

Salam,

Elan Biantoro