Terimakasih Mas Herman. Informasi yang bermanfaat.
Tadi Pak Sutar sudah selesai membereskan pendaftaran ISBN utk Prosiding PIT
ke41 IAGI di Jogja.
Perbaikan akan segera diselesaikan oleh panitia PIT IAGI Jogja

Atas nama PP-IAGI kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Salam
Rovicky

On Saturday, Octobe
r 6, 2012,  <herman.dar...@shell.com> wrote:
> Untuk majalah / jurnal, ada ISSN. Nomor ISSN Berita Sedimentologi adalah
0853-9413, nomor ISSN Geologi Indonesia : 0126-1061 dan Berita IAGI :
 0854-2317

> Himumpunana Mahasiswa Geologi Universtais Padjajaran juga menerbitkan
Buletin Profil Geologi dengan nomor ISSN-nya   0126-0898

> Majalah2 ilmiah geologi lain bisa di lihat di http://issn.pdii.lipi.go.id/
>

> Herman

aku googling ternyata ISBN itu standarisasi penomeran buku (International
Standard Book Numbering),
> kemudian ternyata ada pula beritanya di Kompasiana (Jan-2011) ttg
bagaimana cara pengurusan ISBN yang skrg "katanya" gratis, saya copas-kan
sajah beritanya (mudah-mudahan bermanfaat):

> Cara Mengurus ISBN
>
> OPINI | 15 January 2011 | 08:35
</mail/u/0/s/?view=att&th=13a2fb258580ca32&attid=0.1&disp=emb&zw&atsh=1>Dibaca:
5535
</mail/u/0/s/?view=att&th=13a2fb258580ca32&attid=0.1&disp=emb&zw&atsh=1>Komentar:
10
</mail/u/0/s/?view=att&th=13a2fb258580ca32&attid=0.1&disp=emb&zw&atsh=1>1
dari 1 Kompasianer menilai Inspiratif

</mail/u/0/s/?view=att&th=13a2fb258580ca32&attid=0.2&disp=emb&zw&atsh=1>Sejak
membuat tulisan “Cara Menerbitkan Buku Sendiri“, beberapa telpon dan email
saya terima terkait pengurusan ISBN. Saya sendiri awalnya memang merasa
mengurus ISBN itu hal yang sulit dan rumit. Apalagi kantor Perpustakaan
Nasional, yang merupakan lembaga penyedia resmi ISBN di Indonesia,
berkantor di Jakarta.

> Mulailah, saya tanya sana-sini. Hingga akhirnya, Usman (Mahasiswa Sastra
Arab UGM - adik angkatan di Asrama Sumatera Barat “Merapi Singgalang”
Yogyakarta) memberikan saya print out berkas pengurusan ISBN yang dulu
dikirim ke Perpusnas untuk Novel “Cinta Pengungsian” yang dia buat bersama
teman-teman se-jurusan dan tata cara pengiriman aplikasi ISBN ke Perpusnas.
Setelah membuat syarat-syarat dan diperbolehkan memakai fax fakultas untuk
menerima fax balasan, akhirnya kukirimkan berkas ISBN lewat jasa kirim
faksimil di Kopma UGM. Aku masih ingat, waktu itu aku mengirimkan jam
11-an. Kemudian, menjelang jam 4 sore aku ditelpon sama dosen, fax dari
perpusnas sudah sampai.

> Beberapa hari yang lalu, setelah membuat postingan “Sekarang ISBN Gratis”
, aku kembali kebanjiran koresponden dari para netter tentang pengurusan
ISBN. Biar tak terlalu ribet menjawab pertanyaan satu per satu, dan bisa
diakses oleh banyak orang, kali ini aku akan menjelaskan proses mengajukan
ISBN.

> [...]
diterbitkan.
> Mengirimkan fotokopi :
> - halaman judul
> - balik halaman judul (dapat diketahui pengarang dan penerbit buku yang
bersangkutan)
> - daftar isi
>
> - kata pengantar
>
> B. Persyaratan untuk Anggota Lama :
> Hanya butir 2 dan 3 saja yang perlu dikirimkan kepada Tim ISBN/KDT.
>
> Untuk contoh persyaratan di atas, teman-teman bisa melihat di sini.
>
> Kedua, datanglah ke Perpusnas jika teman-teman berada di Jakarta, karena
memang Perpusnas beralamat di Jakarta, Jl. Salemba Raya 28 A/Kotak Pos 3624
Jakarta. Buat teman-teman yang ada di luar Jakarta, atau males ngurus ke
Salemba Raya karena banyak urusan dan ngak mau terjebat macet, bisa
mengirimkan berkas lewat faksimile perpusnas,  (021) 3927919; (021) 3923067.

> Ketiga, tunggulah sejenak. Biasanya Perpusnas akan mengirimkan nomor ISBN
untuk buku kita dalam rentang waktu 2 jam sampai sehari.

> Keempat, setelah mendapatkan ISBN segera masukkan ke dalam buku yang akan
diterbitkan. Untuk kode barcode, saya menyarankan buat sendiri aja dengan
memakai aplikasi corel draw.

> Kelima, kalau buku sudah dicetak kirimkanlah 2 eksemplar buku ke kepada
Tim ISBN/KDT Perpustakaan Nasional RI ( Jl. Salemba Raya 28 A/Kotak Pos
3624 Jakarta), agar dapat dipantau pemakaian ISBN/KDT.

> Keenam, kalau misalnya teman-teman punya kesulitan dan masalah bisa
menghubungi nomor telepon : (021) 68293700; (021) 92920979. Berdasarkan
pengalaman saya, pegawai Perpusnas ramah dan seneng menjawab pertanyaan
yang diajukakan.

--
*"Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"*

Kirim email ke