Pak Iprianto,

Istilah "meminjam" digunakan untuk syarat pendirian suatu prodi. Syarat
administratif untuk berdirinya prodi baru di PTN, harus memiliki dosen
berstatus PNS. Misal mendirikan prodi geologi baru, maka syarat awal adalah
harus ada 6 (kalau tidak salah) dosen berlatar pendidikan geologi S2 dan masih
aktif sbg PNS.

Bagaimana caranya: dengan "meminjam" geologist PNS dari Lemigas, PTN yg punya
prodi geologi, Geoteknologi LIPI, P3G dst. Geologist "pinjaman" tadi dimasukkan
sebagai daftar dosen yg diusulkan dalam proposal pendirian prodi baru. Kalau
prodi sudah berdiri secara administratif maka mulailah rekrutmen dosen PNS
hingga dosen tetapnya lengkap (6). Setelah itu dosen pinjaman tadi dikembalikan
ke instansi mereka masing-masing atau bisa di semipermanenkan karena faktor
keahlian yg mereka miliki (begitulah informasi yg sy peroleh dari mereka2 yg
pengalaman dalam pendirian prodi baru).

Salam,
Ery

Sent from my iPad