Pak Bernad,

Menurut yg saya alami dan pelajari umumnya mineral (termasuk kalsit,
siderit, pirit, dll) yang terdapat di dalam batubara dapat dibedakan
menjadi 2 berdasarkan mekanismenya, yakni *detrital* (terbawa oleh air atau
udara) dan *authigenic* (masuk ke lapisan batubara pada saat masih berupa
gambut, atau saat proses pembatubaraan).

Jadi secara umum mineral pirit di dalam suatu lapisan batubara dapat
terbentuk secara primer (detrital), sebagai mineral sekunder (authigenic)
hasil proses bakterial reduksi sulfur dari inkursi air laut atau keduanya.

Kadar sulfur yg relatif tinggi atau banyaknya mineral pirit pada lapisan
batubara utamanya disebabkan oleh proses authigenic karena air laut rata2
mengandung 0.27% SO4 atau 885 ppm sulfur (SO4 sendiri mengandung 33.4% S),
jauh lebih banyak daripada sumber sulfur lain. Oleh bakteri, SO4 ini
direduksi menjadi H2S pada pH tertentu, diikuti oleh pembentukan pirit dari
H2S dan besi oksida yg umumnya berasal dari ubahan mineral lain (detrital)
dan larutan koloid organik.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Noel