Nanti kalo ada lagi kita ikutan yuk rame rame, saling info jangan telat,
seperti yang telah kita lakukan ke guru kebumian.

Ip

________________________________
 Dari: "mohammadsyai...@gmail.com" <mohammadsyai...@gmail.com>
Kepada: Forum Himpunan Ahli Geofisika Indonesia <fo...@hagi.or.id>;
"<iagi-net@iagi.or.id>" <iagi-net@iagi.or.id>
Dikirim: Kamis, 24 Januari 2013 8:57
Judul: [iagi-net] Re: [Forum-HAGI] FW: Kelas Inspirasi: Berbagi Inspirasi Lewat
Profesi - 20 Feb 2013

Bukannya ditutup 22 Jan lalu, om? Ada infonya di situ.

Salam,
Syaiful

Sent from my deep heart

FYI....
untuk wilayah Bandung, Jogja & Surabaya.(http://kelasinspirasi.org/)

>Terima kasih & best regards,
>-Jerry-
>

>Surat Panggilan Anies Baswedan
>kepada Para Profesional
>
>Yth.
>Para Profesional
>di Indonesia
>
>Saya menulis surat ini dengan keyakinan
                                         kita semua punya mimpi yang besar
untuk masa depan Indonesia dan optimisme untuk bisa mewujudkannya.

>Hari ini sebagian dari kita telah mendapatkan kesempatan untuk
berprofesi yang baik dan hidup lebih sejahtera. Hadirnya kaum
profesional adalah salah satu bukti nyata bahwa pendidikan adalah
pembuka pintu kesempatan; pendidikan adalah eskalator sosial ekonomi.

>Bila kita ambil jeda sebentar saja dari kesibukan untuk mengingat
berapa banyak teman sekelas di SD dulu yang berhasil melewati pendidikan
 tinggi, barangkali jumlahnya bervariasi.

>Setiap keberhasilan kita hari ini, di dalamnya ada jejak iuran para pendiri
>republik, jejak yang sering terlupakan.
>
>Republik ini didirikan lewat iuran kolosal. Saat itu hampir semua
pilih turun tangan. Ada yang iuran pikiran, iuran harta, iuran tenaga,
iuran darah, bahkan tak terhitung yang iuran nyawa.

>Semua ikut iuran tanpa pernah bertanya apa yang nantinya akan
diberikan balik oleh republik ini; tak pernah ada persyaratan bahwa
anak-cucunya pasti hidup makmur dan sejahtera. Tak ada.

>Tapi bisa kita pastikan, setiap peran itu akan meninggalkan tanda
pahala yang akan membekas. Iuran mereka itulah yang membuat kita semua
kita menikmati kemajuan seperti sekarang ini.

>Tradisi berjuang itu tidak pernah hilang. Sampai sekarang keluarga
kita tetap membesarkan pejuang: orang-orang yang selalu ingat bahwa
kehadirannya bukan sekadar untuk menikmati semua peluang di republik
tercinta ini tapi juga untuk menanamkan makna bagi saudara sebangsa.

>Kita semua ingin Indonesia yang lebih baik. Indonesia hanya bisa
lebih baik jika kualitas manusianya berubah jadi lebih baik. Menjadi
manusia yang terdidik dan tercerahkan.

>Mengubah manusia selalu lewat proses pendidikan. Walau pendidikan
memang tidak selalu sama dengan sekolah, kini sekolah apalagi di tingkat
 dasar memainkan peran penting.

>Secara konstitusional mendidik memang adalah tugas negara tapi secara moral
>mendidik adalah tugas setiap orang terdidik.
>
>Karena itu kami mengundang Anda yang sudah merasakan faedah
pendidikan untuk ikut turun tangan, ikut terlibat langsung dalam
membangun manusia Indonesia, ikut bersama-sama mengubah kondisi
Indonesia kita.

>Tawaran kami sederhana: think big, start small, and act now!
>
>Kami undang Anda yang sudah berkarier di dunia profesional untuk
ambil cuti dan menjadi guru Sekolah Dasar selama satu hari pada hari
Rabu, tanggal 20 Februari 2013.

>Di SD-SD yang telah ditentukan ini mungkin Anda akan menyaksikan
bahwa hitungan jarak kilometernya memang amat dekat dengan tempat Anda
bekerja, tapi hitungan jarak kesejahteraan, jarak pengetahuan, jarak
wawasan terlihat amat jauh.

>Pada hari itu Anda tidak mengajar matematika, bahasa Indonesia atau
 Ilmu Pengetahuan Alam. Di SD itu Anda menceritakan tentang profesi
Anda. Anda hadir untuk menjadi sumber inspirasi. Kita menyebutnya
sebagai Kelas Inspirasi.

>Mimpi itulah yang senyatanya sering hilang dari ruang kelas di
sekolah-sekolah kita, apalagi saat kelas bukan lagi sekadar berarti
ruang belajar di sekolah, kelas juga berarti pembagi strata ekonomi.

>Berada di "atas" sering memudahkan untuk bermimpi, dan berada di
"bawah" itu sering membuat bermimpi itu jadi sebuah mimpi tersendiri.

>Anda hadir di sana untuk membangkitkan mimpi anak-anak di SD itu.
Baju mereka bisa amat sederhana, rumah mereka bisa panas dan kumuh tapi
ajaklah mereka untuk bermimpi, untuk punya cita-cita besar. Anda hadir
di kelas itu menanamkan bibit mimpi mulia bagi saudara sebangsa. Sejauh
apapun jarak kesejahteraannya, wawasannya, atau pengetahuannya mereka
adalah amat dekat; mereka saudara kita, saudara sebangsa.

>Mimpi adalah cermin pengetahuan, cermin wawasan. Anda datanglah
untuk membukakan pengetahuan dan wawasan llau biarkan mimpi mereka
terbang amat tinggi, sambil ingatkan mereka bahwa lewat kerja keras nan
cerdas dan didampingi doa mereka bisa meraih dan melampaui mimpi itu!

>Di kelas itu Anda akan menyaksikan mata berbinar, senyum lebar dan
wajah ceria anak-anak itu. Mereka adalah wajah masa depan bangsa ini. Di
 ruang kelas itu Anda mulai mencicipi suasana Indonesia di masa depan.
Potret masa depan Indonesia ada di ruang-ruang kelas.

>Di kelas itu, anak-anak akan melihat Anda dengan penuh semangat.
Guru seharinya adalah orang baru. Izinkan mereka mengingat Anda, mungkin
 mereka pulang ke rumah, menyongsong orang tuanya sambil bertutur betapa
 inginnya dia bisa seperti guru-guru di Kelas Inspirasi, seperti Anda.

>Secara fisik kehadiran Anda cuma sehari, tapi bekasnya bisa
langgeng. Ya, cerita Anda, pengetahuan, inspirasi, semangat dan
pencerahan dari Anda bisa hadir secara amat permanen dalam hati dan
mimpi mereka.

>Anda memang diharuskan mengambil cuti pada hari itu tapi kami tidak
 mengajak Anda untuk berkorban, kami menawarkan kepada Anda kehormatan
untuk mewakili kita semua hadir di kelas-kelas membangkitkan mimpi.

>Menyumbang uang itu baik, memberikan buku itu bermanfaat, membangun
 fasilitas pendidikan itu mulia, tapi sesungguhnya iuran terbesar dan
terpenting dalam pendidikan adalah kehadiran. Ya, hadirnya inspirator
adalah Iuran terbesar dalam pendidikan. Kini lewat Kelas Inspirasi Anda
bisa beri iuran terbesar itu yaitu hadir sebagai inspirator.

>Kami pun yakin sehari di ruang kelas itu akan memberikan wawasan
lain, membuka perspektif baru tentang bangsa kita tercinta. Anda akan
bertemu guru, kepala sekolah yang berdedikasi menyiapkan masa depan.
Mereka pun akan belajar tentang Anda. Melalui Kelas Inspirasi itu semua
akan belajar.

>Seselesainya jadi pengajar di Kelas Inspirasi Anda akan punya
perasaan yang berbeda, Anda telah senyatanya ikut turun tangan mengubah
wajah masa depan Indonesia.

>Lewat kelas Inspirasi ini Anda turun tangan, bergandeng tangan
dengan para profesional di berbagai kota di Indonesia, semua sama-sama
ikut melunasi janji kemerdekaan kita: mencerdaskan kehidupan bangsa.

>Kami tunggu kehadiran Anda berserta pengalaman Anda di Kelas Inspirasi.
>
>Salam hangat,
>
>Anies Baswedan
>
>***
>
>Kelas Inspirasi serentak diadakan di beberapa SD di Jakarta,
Surabaya, Pekanbaru, Bandung, Jogja, dan Solo. Pendaftaran relawan
profesional pengajar mulai 31 Desember 2012 hingga 22 Januari 2013 lewat
 laman resmi di tautan http://kelasinspirasi.org/.

>Kesempatan ini terbuka bagi semua orang yang sudah pernah bekerja
secara profesional selama minimal dua tahun dan bersedia berkomitmen
untuk hadir pada waktu yang telah ditentukan. Pengumuman profesional
pengajar terpilih akan dilakukan pada 31 Januari 2013.

>Selain lewat laman resmi, informasi terkini Kelas Inspirasi dapat
diikuti lewat media Facebook dan Twitter masing-masing panitia kota,
sementara itu pertanyaan terkait Kelas Inspirasi dapat dilayangkan ke
alamat surel kelasinspir...@indonesiamengajar.org.