Dear Pak Galih,

Terimakasih untuk sharingnya. Ini sangat membantu saya memahami dunia offshore
geo dari kedua belah sudut yaitu civil dan geologi.

Karena kedua jurusan ini, pengembangannya cukup luas.

Berbicara tentang FPSO, saya dengar ada perusahaan Malaysia yg mendapat project
di Mumbay India , menggunakan perusahaan survey kelautan dr indonesia.

Mereka membangun Subsea Structure. Dan surveyornya melakukan penelitian
underwater positioning.

Apakah FPSO ini banyak digunakan di area indonesia dan apakah ada perusahaan
Indonesia yg bergerak di bidang FPSO ini?

Walaupun biaya mahal, tapi bisa meminimalisasi resiko Geohazard. Bagaimana cara
jaman penjajahan dulu Belanda mengantisipasi geohazard?karena saya dengar dr
kawan kawan, perusahaan Belanda untuk offshore ada beberapa yg lebih raksasa
dari Saipem, leighton international, etc. Belanda yg kita tahu sangat tangguh
dalam dunia Dam, water resources engineering dan dunia offshore bawah laut.

Selain FPSO, saya pernah lihat di youtube seperti semisubmersible platform
giant. Adakah floating structure lainnya untuk exploitation atau storage?

Berhubungan dgn penentuan letak kedalaman kaki spudcan jackup , data geophysic
dengan penelitian shallow depth bisa mendeteksi geohazard, ada palung atau
cekungan dalam atau tidak. Sehingga jangan sampai salah menentukan posisi dr 3
kaki jackup.

Pertanyaan saya lainnya adalah Apakah tujuan dari penelitian geophysics yg
mendetailkan litologi pada deep water jika dilihat dr sudut geologi or
geohazard dan macam mana litologi geologi yg dihasilkan oleh satelitnya
Amerika?

Jika dulu saya kerja di onshore, sebelum saya melakukan mapping geotec dan
menentukan titik guna geo investigasi. Biasanya memanfaatkan foto udara dan
citra. Tapi hanya surfacenya saja dgn perbedaan colour dan contour, etc.

Pertanyaan saya terakhir adalah apakah ada pengembangan teknologi untuk
satelite indonesia didalam mendeteksi sumber daya alam di indonesia oleh
pemerintah?

Mohon maaf rekan 2x, jika pertanyaan saya banyak. Karena saya mengamati, senior
geologi di IAGI ini humble to sharing knowledge, that's way saya bertanya hal
praktis disini.

Mohon petunjuk dan advisenya. Mohon maaf jika ada yg tidak berkenan.

Salam,

Nardipta

Powered by Telkomsel BlackBerry®