Dalam acara peresmian SM IAGI Unmul kemarin, saya memberikan gambaran
tentang IAGI secara umum khususnya masa depan menjelang masa Bonus
Demografi (2020-2030), daimana adik-adik mahasiswa ini nantinya akan berada
pada saat dimana jumlah usia pekerja (15-64) di Indonesia ada 160-180 juta
(dari 260 juta total penduduk).
Yang perlu diingat bagi kita yang berprofesi geologi tentunya harus
berusaha untuk memberikan tempat yang aman (mitigasi) tempat yang sehat
(konservasi) serta memberikan SDAlam dan SDEnergi yang mencukupi sehingga
merka mampu berkiprah secara optimal di negeri tercinta ini.
Salah satu tantangan untuk adik2 di SM IAGI Unmul ini adalah belajar
tentang "Konservasi". Dunia ekstraksi boleh dibilang akan secar aotomatis
berkembang dari didorong oleh pemikiran ekonomi, sedangkan sisi mitigasi
mungkin bukan hal yang utama. Namun justri konservasi hasil serta
jejak-jejak sisa usaha pertambangan perlu ditangani sebagai prioritas.

Jangan sampai ketimpangan terjadi antara Ekstraksi - Mitigasi - Konservasi
dalam menjaga dan memanfaatkan lingkungan sendiri.

Salam IAGI !

Rovicky Dwi Putrohari
--*
"**Nasionalisme itu ekspresi perasaan ketika negaramu terpuruk"*

Kirim email ke