Betul pak. Penentuan titik sumur geotermal (landaian suhu) merupakan
tahapan dari beberapa tahapan (sudah dilaksanakan oleh PSDG Bandung)
berikut :
1. Survei pendahuluan : Geologi, Geokimia dan Geofisika (MT)
2. Survei Terpadu, s.d.a. dengan skala yang lebih detail dan diharapkan
diperoleh "closure" - WKP.  Terutama untuk Peta Penyebaran Alterasi di
Permukaan dan mineralisasi yang berkembang pada "CORE".
Jadi data sub surfacenya lebih difokuskan di CORE.  Pengeboran landaian
suhu merupakan pengeboran full coring.  Sehingga didapat profil
vertikalnya.  Selanjutnya kita harus jeli di petrografi, kemudian inklusi
fluida, untuk mengetahui evolusi termal yang berkembang sepanjang 206m
coreyang kita peroleh.  Dari situ kita dapat temperatur saat ini dan
temperatur evolusi-nya berdasarkan dua analisis tsb di atas.

Memang terdapat beberapa permasalahan dalam pemboran LNA-3, diantaranya :
1. Fragile, dinding sumur mudah runtuh.
2. Sampel terganggu, dan pecah2
3. Sumber panas dari mana ? Karena T = 61 - 65 C. Dimanifestasi 75.3 C.
4. Teknik pemboran terbaik ? agar tidak runtuh.  Mengingat selama 60 hari
kerja hanya mencapai kedalaman 206m. itupun runtuh menjadi 190m.
Kemungkinan 3 kali putus pipa, dan tidak bisa dipancing . . metode yang
tepat untuk menanggulanginya ?.
5. Qz vein mulai intensif setelah kedalaman 193m.  Apakah ini indikasi zona
rekah atau mineralisasi intensif.
6.Fluida yang ada pada F.I. tipe dan Temp ?

Hal2 inilah jadi bahan tesis saya di Geotermal ITB . .

Salam Go Green Energy
Rahmawan Helmi
NA 3541

Kirim email ke