Makanya boz jadi orang teknik jangan belajar teknik aja jadi harus ngerti
juga ilmu ekonomi

Sebetulnya kalau mencari KP atau IUP yg punya kalori >4000 itu susah, kalau
ada harganya sangat mahal, kalau kita beli mahal apa yakin harga akan
"sustain" as is today, FED (BI nya USA) yg dipimpin oleh Ben Bernake pernah
menyatakan bahwa Oil Price itu wajar jika harganya sekitar USD 80.0, itu
dia lontarkan dalam pidatonya pada sekitar ahir Q2 2008, maka pre-Q2 yg
mana harga minyak sekitar USD 130an turun langsung ke sampai ke level
dibawah USD 30.0 ditambah juga terjadi Global Resesi di 2008. Sekarang
harga minyak sebenernya hovering sekitar USD 80.0 sejak 2011 to date.

Ahir2 ini Global market bergejolak sejak Juni 2013, karena pak Bernake
sekali lagi menarik semua USDnya ke US Cenntral Bank, sehingga dg di drain
yg kaya gitu, pasar Internasional kesulitan USD akibatnya harga Komoditi
ikutan turun.

Bottom linenya, jadi jangan pernah berassumsi bahwa harga minyak akan
tinggi terus krn sesuai dg Pidato Bernake Amrik itu maunya harga minyak
hanya sekitar USD 80.0, kalau naik ya hati2 bahwa dia akan turun lagi.
Biasanya harga komoditi yg lain akan mengikuti harga BLACK GOLD ini you
name it lah, Batubara, Copper, Emas dsb.

Salam dan selamat berlibur
Avianto
Bendahara IAGI