Abah, dan rekan-rekan lain.
Geosea XIII di Myanmar ini bersamaan dengan kegiatan GEOMYANMAR 10, Seperti
PIT IAGI. Yang mengisi tidak hanya geolog dari Myanmar tetapi juga dari
Indonesia, Malaysia, Thailand serta negara-negara lain.
Dari Indonesia memang sedikit hanya 4, karena kebetulan biayanya juga
terasa mahal. Untuk ikutan konperensi ini perlu membayar 500US$/peserta
untuk selama 2 hari ini, sekitar 5 juta rupiah. Malaysia mengirimkan 15
orang, Vietnam 6 orang, Indonesia 4, Philipines 1, Singapore 1 (observer),
Total peserta sekitar 200-250 orang. Presentasi di 3 ruang paralel.

Hari kedua ada Bussiness Meeting GEOSEA yg dihadiri dari Indonesia,
Malaysia, Myanmar (Chairman), Philipines, serta Vietnam Union for
Geological Sciences (VUGS) yang merupakan anggota baru di GEOSEA.

Dalam Bussines meeting ini Chairman MGS mengucapkan terimakasih kepada
Indonesia karena secara khusus sewaktu di Bangkok sebelumnya sangat
mendukung Myanmar untuk menjadi host kali ini. Dan juga menyetujui
Indonesia menjadi host Geosea XIV tahun 2016 di Jakarta. Juga diputuskan
untuk mengadakan konperensi ini setap 2 tahunan.

Dalam acara dinner penutupan diadakan acara tradisi baru yaitu penyerahan
BENDERA GEOSEA kepada Indonesia (IAGI) untuk menjadi host selanjutnya tahun
2016.

[image: Photo: GEOSEA XIV 2016 di Indonesia. Setelah GEOSEA XIII sukses
diselenggarakan oleh Myanmar Geoscience Society di Yangon 10-11 Maret 2014.
Telah diputuskan untuk GEOSEA XIV akan diselenggarakan di Jakarta tahun
2016. Disepakati dilaksanakan 2 tahunan sekali. Bendera Geosea diserah
terimakan dari MGS kepada IAGI pada malam penutupan ini. Marilah kita
persiapkan bersama pertemuan Geosea XIV untuk menjadi tuan rumah yg baik.
Peserta dari Indonesia kali ini ada 4: Rovicky DP, Mega F Rosana, Wahyu
Gunawan dan Dikdik. Salam dari Yangon ----- GEOSEA 1. KL Malaysia 1972 2.
Yogyakarta, Indonesia 1975 3. Bangkok , Thailand 1978 4. Manila, Philipins
1981 5. KL, Malaysia 1984 6. Yogyakarta, Indonesia 1987 7. Bangkok,
Thailand 1991 8. Manila, philipines 1995 9. KL, Malaysia 1998 10.
Yogyakarta, Indonesia 2001 11. KL Malaysia 2009 12. Bangkok, Thailand 2012
13. Yangon, Myanmar 2014]

Sebagai pengingat saja :
1. KL Malaysia 1972
2. Yogyakarta, Indonesia 1975
3. Bangkok , Thailand 1978
4. Manila, Philippines 1981
5. KL, Malaysia 1984
6. Yogyakarta, Indonesia 1987
7. Bangkok, Thailand 1991
8. Manila, Philippines 1995
9. KL, Malaysia 1998
10. Yogyakarta, Indonesia 2001
11. KL Malaysia 2009
12. Bangkok, Thailand 2012
13. Yangon, Myanmar 2014

*"Saya akan mengikuti pemimpin yang menebar sikap optimis, bukan yang
menguak fakta negatip yang merusak semangat  !".*