From: iagi-net@iagi.or.id [mailto:iagi-net@iagi.or.id] On Behalf Of
lia...@indo.net.id
Sent: Tuesday, April 01, 2014 12:45 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net] lampu di tol cipularang

Malam minggu kemarin ada Earth Hour , himbauan untuk mematikan listrik selama 1
jam saja , ternyata hasilnya sbb :

Earth Hour 2014, Beban Listrik Jawa Madura Bali Turun Hingga
509 MW
(Jakarta 29/3/2014) Pada pelaksanaan kampanye Earth Hour (EH) atau jam bumi,
Sabtu 29 Maret 2014 jam 20.30 - 21.30 waktu setempat, beban listrik di Jawa
Madura dan Bali (Jamali) turun hingga 509 Mega Watt (MW) atau 2,56 % jika
dibanding beban pada saat yang sama minggu lalu. Penurunan beban (konsumsi)
listrik di Jamali terutama terlihat sekitar jam 21.00 WIB.Pada hari Sabtu 22
Maret 2014 (seminggu sebelum EH) sekitar jam
21.00 WIB beban listrik di Jamali 19.869 MW dan pada jam 21.00 WIB 29 Maret
2014 beban turun menjadi 19.360 MW.Penurunan terbesar terjadi di Jakarta dan
Banten sebesar 386 MW.
Jika dikonversi ke rupiah, dengan asumsi pembangkit yang dimatikan biaya
produksinya Rp 2.000 per kilo Watt hour (kWh) maka perhematan di Jamali selama
EH adalah :- 507 MW selama 1 jam : 507 MWH : 507.000 kWh
- 507.000 x 2.000 : Rp 1.014.000.000 atau sekitar 1 milyar rupiah.
Untuk beban listrik di sistem Sumatera terlihat sedikit mengalami kenaikan. Hal
ini kemungkinan karena pada minggu ini terdapat tambahan pasokan ke sistem
kelistrikan Sumatera setelah sebelumnya beberapa pembangkit mengalami
pemeliharaan.
Di beberapa daerah tujuan wisata, seperti Batam juga sedikit mengalami
kenaikan, kemungkinan karena banyaknya wisatawan dari luar kota dan luar negeri
datang di libur panjang akhir pekan.Untuk Indonesia Timur yang banyak terdapat
sistem kelistrikan isolated (terpisah-pisah) rata-rata saat EH mengalami
penurunan beban tipis dibanding minggu lalu.Program earth hour sejalan dengan
program kampanye hemat listrik yang selalu digaungkan PT PLN (Persero) sejak
lama. Dan sangat bermanfaat bagi operasional pembangkit-pembangkit milik PLN.
Pembangkit PLN yang sehari-hari bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan listrik
masyarakat, bisa diistirahatkan sejenak, terutama pembangkit yang masih
menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Artinya PLN akan dapat melakukan
penghematan dan efisiensi biaya bahan bakar.

 ( Coba hal ini kalau dilakukan setiap hari dg banyak orang yg  melakukannya

indomail - Your everyday mail - http://indomail.indo.net.id