Bagaimana ada koin diantara batuan andesit? .

Pada 18 Sep 2014 19:13, "Benyamin Sembiring" <benyaminsembir...@gmail.com>
menulis:

> Salam,
>
> Benda arkeologi, artefak, koin yang didapatkan dari hasil pengeboran
sudah kehilangan sebagian konteksnya.
> Mari kita bayangkan koin tersebut dibawah sana, bagaimana keberadaannya,
berapa jumlahnya, dengan benda apa dia disana, bagaimana posisinya,
letaknya dgn benda lain. Apakah ini tidak pernah terpikirkan? Mungkin kita
senang sekali dengan penemuan ini, seolah olah kita berhasil, tapi banyak
sekali konteks yg hilang.

> Coba perhatikan ini
> 1. Koin bisa dimaknai sbg bekal kubur, apabila dia ditemukan dgn tulang
belulang manusia. Mungkin sebagai alat tukar, harta yg dibawa saat mati.
Tapi penemuan ini sama sekali gak menjawab
> 2. Koin bisa sebagai benda benda keramat, mungkin alat beribadah. Ini
sama seperti para pendeta budha menyimpan banyak benda benda pribadi mereka
di dalam sebuah stupa. Apakah ini juga bisa dijawab.
> 3. Koin bisa sebagai perhiasan apabila dia ditemukan berangkaian dgn
benda benda lain. Seperti koin koin yg dijadikan kalung. Ini juga tidak
terjawab.
> 4. Kalo koin yg ditemukan sebenarnya adalah koin didalam sebuah gerabah,
karena kena matabor, gerabah pecah, koin naik melalui lumpur bor. Hilanglah
makna koin tersebut.
> 4. Banyaknya sekali makna koin. Tapi ini tak kan pernah terjawab jika
menggunakan mata bor.

> Koin yg ditemukan adalah sebuah koin tanpa makna yg berarti.
>
> Begitulah apabila penemuan koin berdasarkan pemboran, kita kehilangan
konteksnya, kita kehilangan maknanya. Menurut saya ini perusakan benda
purbakala, walaupun dimaksudkan untuk mencari data data purbakala.

danny.hil...@gmail.com> wrote:

> [...]
propaganda opini anti-thesis untuk berkontroversi dengan TTRM jadi lupa
mengetengahkan dan mempertahankan thesis sendiri untuk tandingan..

meliuk-liuk...  Atau jangan-jangan kurang PD dengan thesisnya sehingga
lebih nyaman jadi kritikus saja ... poko’e TTRM salah aja he he he.... Eh
sekarang sudah gabung jadi Timnas.

geologi di Gunung Padang.. apa iya?

kedalaman 11.11 – 11.12 m dari rongga-rongga diatara lapisan andesit segar
yang sering terisi pasir lepas atau tanah di bawah Teras 5 Gunung Padang.
Di atas struktur andesit berselang-seling pasir dan tanah itu sekarang
posisinya tertimbun tanah timbun (transported) yang usia kandungan
karbonnya sekitar 8000 thn SM.

ditemukan adalah koin Belanda maka sama saja bilang walau tidak mengakui
bahwa di bawah situs megalitik G Padang (Teras 5) ada struktur bangunan dan
yang buatnya BELANDA J Atau alternatif lain, Belanda pernah bongkar  dan
masuk ke bawah situs....  Nah tidak kalah ruwetnya dengan thesis bahwa pada
Zaman Batu-Pra-sejarah mungkin sudah ada cetakan logam untuk buat koin
berelief sangat detil... Pilih mana?

Timnas Gunung Padang.  Nanti akan saya usulkan agar Lutfi Yondri dkk
dipanggil untuk presentasi di depan Timnas supaya thesis dan buah
pikirannya bisa diapresiasi dan dijadikan referensi kalau memang baik.
Kalau data lapangannya saya yakin pasti berguna siapapun yang melakukan
surveynya.

artefaktual di situs tersebut ada di laporan Balar, hanya tak pernah
dijadikan referensi, apalagi diapresiasi. Inilah sebetulnya yang mang Okim
sangat prihatinkan --- dikenal sebagai " Reinventing The Wheel " alias
mulai lagi dari titik NOL. Kapan kita majunya --- ta' iya !!!

situs undak lainnya,  baik yang di Banten maupun di Garut dan dilokasi lain
di Jawa Barat.

sebetulnya mesteri GP ini yg sejak awal sdh terjadi Pro dan Kontra

artefak dan uang kuno di gn padang.
artefak yang ketemu di punden berundak.

yustinus.suyatno.yuw...@gmail.com> menulis:

> [...]
saya dan juga P Koesoema setuju meneliti arkeologi dibantu geologi/
geofisik utk menemukan data. Apapun temuannya adalah data yg selalu berguna
dari sisi science. Setelah data didapat berdasar metodologi ilmiah yg baik,
baru dilakukan interpretasi dan sintesa. Bagi yg kontra temuan "piramid"
ini, termasuk Mang Okim dan saya sendiri adalah cara interpretasi. Belum2
sudah diumumkan adanya struktur piramid yg canggih, bahkan ada "power
plant" di perut G Padang yg umurnya puluhan ribu th. Kembali ke temuan
artefak, tentunya hrs diteliti oleh yg kompeten. Sementara saya simpulkan,
bahwa ada strata kebudayaan di G Padang, dari paleolitik sampai zaman
perunggu? Tolong excavasi nya harus hati2 supaya tidakmerusak strata
aslinya dari situs.

kesalahan seseorang, dengan ancaman akan dituntut secara hukum. Tuduhannya
menyebar fitnah ????

bijak dan sangat berbeda dengan tanggapan Pak Andi Arif yang dengan bumbu
bumbu kasar dan pedas, langsung mensomasi mang Okim --- Alhamdulilah, kali
ini tidak lewat Ketum IAGI).

eksposenya tidak berlebihan. Masalahnya, coin tersebut dan juga temuan
artekfaktual lainnya (gerabah etc) ditemukan di level yang menurut TTRM ,
hasil datingnya 13.000 -23.000 tahun. Apakah hal tersebut tidak dikaji dulu
oleh  Dr. Ali Akbar --- sebelum disampaikan ke Pak Menteri dan Pres. SBY?
Ini sekedar himbauan dari seorang mang Okim lho, bisa dipertimbangkan, bisa
juga tidak --- ta' iya !!!

dan hasilnya cukup sesuai dgn yg diharapkan. Tadi Pak Direktur Purbakala
juga Ketua Timnas berkunjung ke GP. Beliau sangat senang dan antusias
dengan proses dan hasil2 yang sudah dicapai. Beliau sepenuhnya paham dan
setuju dengan penggalian yg sudah dilakukan, tidak ada yg merusak atau
menyalahi aturan, bahkan beliau bilang metoda integratif
geologi-geofisika-arkeologi di GP patut dijadikan pioneer untuk
dikembangkan lebih lanjut di Indonesia.

beberapa hari terakhir ini, mang Okim hanya bisa mendo’akan , semoga yang
dicari sejak 3 tahun terakhir ini ketemu, yaitu adanya chamber atau ruang
kosong yang ditengarai ada “brankasnya”, bidang pemangkasan (batas budaya
?), pintu gerbang 18 meteran, pasir ayakan peredam gempa, semen canggih
mengandung 45 % mineral besi ( semen tercanggih di abad modern mengandung
kurang dari 6 % kadar besi ), industri metalurgi canggih, dan kemungkinan
adanya reaktor listrik hidro di level 4 ( 13.000 – 23.000 tahun yang lalu
!!! ).

 diumumkan tentang adanya temuan artefak aneh dari batuan andesit-basalt
yang seluruh permukaannya masih terbungkus kulit pelapukan . Pak Andi Arif
dengan bangga memberikan komentar  bahwa artefak tersebut dibuat dengan
menggunakan teknologi tinggi, mengandung serat kawat dari besi memanjang,
memiliki anomaly magnetic tinggi, memiliki hanya satu kutub magnet,
porositas permukaan konsisten, dan mirip senjata kujang. Mang Okim sangat
prihatin atas statemen tersebut karena di batuan yang dianggap artefak
ternyata tidak terlihat adanya bekas bidang pemangkasan alias utuh ,
sehingga interpretasinya lebih ke batuan murni sebagai sisa pelapukan.
Sekedar catatan, batuan dengan bentuk yang lebih kurang sama banyak
ditemukan di kawasan karst Citatah, dan itu adalah murni hasil pelapukan
alamiah .

melibatkan personel militer dan membongkar tebing curam .  Mang Okim kurang
setuju bahwa secara teknis  dan prinsip , trenching geologi  tidak ada
bedanya dengan trenching arkeologi. Bocoran berita berikut dari arkeolog
yang menyaksikan kegiatan di Gunung Padang semoga dapat menjadi
pertimbangan : “ Saya sangat sedih melihat perkembangan kegiatan penelitian
di Situs Gunung Padang hari ini. Kotak ekskavasi dibuka di sembarang
tempat, tidak mengacu pada kegiatan  penelitian yang sudah dilakukan
sebelumnya. Beberapa kotak dibuka di lahan yang sangat rawan akan longsor.
Begitu juga dengan  hak publik yang datang berkunjung ke situs yang telah
terampas. Sebagian besar situs ditutup dengan terpal setinggi 2 meteran.
Mau apa  mereka sebenarnya di situs yang kita banggakan ini ???

“penjahat intelektual”) ,  mang Okim secara konsisten terus mengikuti
perkembangan penelitian “ piramida “ di G. Lalakon, G. Sadahurip, dan G.
Padang. Dari hasil pemindaian geolistrik, georadar, dsbnya oleh TTRM,
hipotesisnya ternyata sama bahwa di perut ketiga gunung tersebut terdapat
 bidang pemangkasan, ruang kosong, dan bangunan budaya lainnya. Pertanyaan
mang Okim sangat sederhana : “Mengapa yang dipilih justru Situs Gunung
Padang yang telah diakui merupakan Situs Megalitik Punden Berundak terbesar
di kawasan Asia Tenggara “, dan bukan Gunung Lalakon atau Gunung Sadahurip?
Mang Okim sungguh miris mendengar komentar beberapa anggota militer yang
membantu penggalian --- bahwa kegiatan ekskavasi tersebut tak ubahnya
dengan “ penggalian illegal “.

anggota tim, kalau postingan ini kurang berkenan. Harapan mang Okim semoga
hipotesis yang selama ini diyakini kebenarannya dapat cepat terbukti dan
Situs Gunung Padang tetap eksis sebagai tujuan wisata unggulan Kabupaten
Cianjur. Amiin.

Teguh Paripurno

Peg Kendeng Blora dan Pati misalnya,  dilakukan  dengan seksama, sumberdaya
memadai dan penuh koordinasi seperti di GP.

danny.hil...@gmail.com> wrote:

> [...]
bukan lagi aktivitas TTRM tapi TIMNAS berdasarkan KepMen, juga Surat Tugas
langsung dari KepMen utk melakukan penelitian 'awal'.  Selain itu, Tim
peneliti juga bekerjasama dengan TNI AD yg selain melakukan Karya Bakti
juga ditugaskan oleh KASAD (atas perintah presiden langsung) untuk membantu
kegiatan penelitian dan pelestarian. Dalam Timnas, sy adalah Wk Ketua
Bidang Geologi sedang untuk Bidang Arkeologi Pak Ali Akbar.

paleoseismologi dan paleotsunami secara teknis dan prinsip tidak ada
bedanya dengan trenching arkeologi kecuali tentunya dalam fokus yg diamati
dan pendokumentasian. Dua-duanya tentu saja harus memperhatikan keamanan
dan kelestarian lingkungan.

1.5 - 2.5 m yang fokus utamanya untuk pembuktian model geologi-geofisika
(berdasarkan geolistrik, georadar, seismik tomografi, bor). Selain itu ada
satu tebing "head scarp" bekas longsor yang setelah dibersihkan dari
semak-semak dan tetumbuhan yang menutup ternyata memperlihatkan singkapan
geologi dari lapisan-lapisan batuan di bawah Situs. Sekarang ini adalah
kesempatan yang baik bagi rekan2 geologi yang tertarik untuk melihat fakta
geologi bawah permukaan G.Padang. Kemp ada juga kunjungan dari ITB 80
(berbagai jurusan) ke GP.

didokumentasikan oleh Tim Arkeologi karena ternyata dianggap memperlihatkan
bukti arkeologi sangat penting, termasuk temuan banyak artefak batu. Dengan
kata lain, anggapan (dan status legal) bahwa situs hanya ada di dalam pagar
dan hanya di permukaan kelihatannya tidak benar.

Akbar dapat memberi arahan dan petunjuk cara arkeologi menggali sehingga
kalau meninggalkan situs gn padang; kondisi situs kembali mendekati kondisi
awal.