Benar bahwa sriwijaya kuat di laut karena sriwijaya sempat sebagai pusat
perdagangan dunia dan agama budha saat itu, sehingga banyak bhiksu terkenal
dari luar sriwijaya yang belajar di Sriwijaya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sriwijaya

Majapahit juga sebenarnya menguasai cukup luas wilayah nusantara (walau
area pastinya masih bisa diperdebatkan) , tapi kemudian rubuh karena
perebutan kekuasaan setelah wafatnya hayam wuruk

http://id.wikipedia.org/wiki/Majapahit

Kerajaan Demak
kekuasaannya lebih ditopang karena kekuatan laut cina (laksamana ceng ho)
yang berkembang bersamaan dengan mundurnya kerajaan majapahit (sudah sering
dibahas oleh Pak Awang sebelumnya)

Yang saya pahami tol laut lebih kepada pengembangan transportasi laut
(kapal) dan infrastruktur pendukunganya (pelabuhan dan aksesnya). Tol laut
ini sebenarnya bagian dari rencana besar infrastruktur transportasi
indonesia yang termasuk di dalamnya juga trasnportasi darat seperti rencana
jalur kereta api di sumatera, kalimantan dan sulawesi, pembuatan jalan baru
dan juga transportasi udara seperti pengembangan bandara bandara.
Dengan adanya transportasi yang bisa menghubungkan seluruh wilayah
indonesia maka pergerakan dan aktivitas ekonomi juga akan makin berkembang.

Penguatan Angkatan Laut juga seharusnya di lakukan baik alutista seperti
kapal pemburu, radar dan  tentunya biaya operationalnya. Kalau US saja yang
merupakan negara kontinental saja angkatan lautnya maju , masak Indonesia
sebagai negara kepulauan angkatan lautnya lemah.

Saya lihat bahwa ini bukan ide baru tapi mungkin bisa jadi prioritas
melalui keberanian, sinergi dan inovasi kementrian di kabinet pemerintahan
sekarang sehingga bisa cepat jadi kenyataan