Sebenarnya AAPG baru saja menyelenggarakan workshop di Kota Kinabalu, 26-27 Mei
lalu, seminggu setelah IPA. Pertemuan ini dihadiri oleh banyak ahli tectonic.
Felix Tongkul, Chris Morley, Robert Hall, Claude Rangin, Manuel Pubellier dan
professor2 dari Vietnam, China, dan Filipina juga menghadiri.

Beberapa hal yang kami setjui dalam pertemuan tersebut:
- Proto South China Sea ada dan sudah ter-subduksi di bawah Sabah - Palawan.
Tidak ada sisa2 yang muncul di permukaan.
- Teori Indochina extrussion-nya Tapponier dll sudah mulai banyak ditinggalkan,
meskipun beberapa bagian dari konsep ini masih bisa dipakai (mis. adanya Red
River Fault yg panjang)
- Teori slab pull back / subduction collision lebih diminati meskipun tidak
menjawab semua pertanyaan.
- Kami, peserta workshop, setuju kalau hybrid model antara kedua teori ini
adalah yang terbaik, tapi perlu rumusan yang lebih dalam. Untuk hal ini
beberapa research perlu di lakukan.
(Untuk keterangan lebih lanjut di Wikipedia: Tectonic South China Sea; masih
belum lengkap, karena gambar2-nya masih sedang disiapkan. Dan yang ingin
megetahui detil workshop AAPG, silahkan lihat:
http://south-china-sea-geology.blogspot.com)

Adanya ophiolite complex di Sabah / Kalimantan bagian utara dan intrusi granit
Kinabalu menunjukkan bahwa daerah ini merupakan daerah yang punya banyak
aktivitas tectonic (plate margin). Tidak seperti Kalimantan bagian selatan yang
didominasi granitic unit (Schwaner block) yang merupakan bagian dari Sundaland.

Besok saya akan memberikan presentasi di KL. Mudah2-an data2 yang saya
tampilkan besok bisa menjawab pertanyaan para peserta. Hasil diskusinya akan
kami laporkan di IAGI-net (pak Harris setuju toh?)

Salam,

Herman