Hehehe...rencana induk tersebut tidak bisa ditunda, tapi segera difinal pada
akhir Januari 2019 - awal Februari 2019, karena segara ditetapkan untuk rehap
dan rekon untuk Sulteng dan besaran biaya yang harus digulirkan…., tentu ada
banyak kekurangannya dan rencana induk tata ruang masa depan itu yang perlu
dibenahi. Sumonggo dicek ke task force di Bappenas. Sewaktu saya dan RDP
(mewakili PP-IAGI) hadir dalam finalisasi peta tata ruang berbasis bahaya
geologi di Bappenas, desember 2018 lalu.; terjadi adu argument yang sengit para
pakar dari berbagai pihak.  Apalagi RDP itu juga kritis…, saya juga mengkritisi
beberapa peta yang spasial ada  sedikit "mis" skala dan terlalu bersandar pada
kejadian (event disaster). Yaa….sudahlah…, saya "keluar" duluan dari rapat itu
sebelum ditutup resmi oleh pimpinan rapat. (semoga...ada yang bisa istiqomah
menyuarakan ini di birokrasi pada high level meeting di pusat…), apalagi forum
itu banyak ahli dan pakar dari berbagai Lembaga, kementrian, dan tentu punya
hak suara untuk memutuskan….; saya keluar rapat duluan dan kemudian tetap diam
saja, tidak koar-koar di media, apalagi medsos…(lah tidak punya WA...)…, donga
saja...untuk Sulteng ke depan…
Usai dari Bappenas, di hari lain saya diundang rapat dengan Tim PLTU Suralaya
yang di Banten itu, saya sampaikan supaya PLN punya kontijensi plan terhadap
early warning system untuk gempa dan tsunami karena erupsi anak Krakatau atau
tsunami karena kegempaan yang terkait patahan-patahan aktif di Selat Sunda dan
Teluk Lampung..., tapak PLTU Suralaya itu ada di teluk yang menghadap ke utara
(memang aman dari tsunami karena longsor anak Krakatau kemarin…) tapi....
salam, gushend.89
agus hendratnokonco sinau cah geologidepartemen teknik geologi ft ugmHp.
081328401771 / tidak ada WA,

    On ‎Tuesday‎, ‎January‎ ‎15‎, ‎2019‎ ‎03‎:‎03‎:‎14‎ ‎PM‎ ‎+07,