boss sendiri sudah jelas menyebut "saat memory penuh"
itu memang kata kuncinya
artinya ketika memory masih lega, swap space gak ada pengaruhnya.

terlepas dari itu, swapping itu suatu kerjaan yg tidak ada hubungannya
dengan eksekusi program.
mindah2 data dari memory ke sdcard ato kebalikannya, jelas perlu waktu.

salam -widi-