Terima kasih utk atensinya bos.

Seperti terdapat pada buntut email saya yg pertama, setelah seler menjelaskan
masalahnya bahwa pulsa tdk dpt masuk dikrnkan tri telah melakukan pembatasan
sepihak, seller menjanjikan akan merefund.

Namun, dimilis ini seller mengaku koneksi internetnya sedang jelek dan terus
demikian hingga akhirnya ia baru belakangan dpt merespon di milis.

Dg adanya gangguan itu, saya berasumsi bahwa sejak saya mereply kpd seller dg
nomer rekening dan desakan untuk membuat penjelasan mengenai tri thd iklannya
di milis maupun disitusnya, ia tidak/belum mengetahuinya. Sementara pada email
tsb, saya telah tegaskan bahwa penjelasan mengenai tri itu diperlukan agar
tidak ada 'korban' lain.

Jadi gangguan koneksi tampaknya menyebabkan seller tidak merespon pada batas
waktu yg saya tetapkan - Juga tidak membuat penjelasan bahwa penjualan pulsa
tri murmernya tidak dpt dilayani lagi.

Namun pada akhirnya, koneksi internet seller tampaknya sudah menjadi cukup baik
utk merespon saya secara japri maupun chitchat dimilis. Dan kemudian thread
saya closed setelah refund selesai dilakukan.

Lewat kejadian ini saya ingin sampaikan bahwa jika kita ingin menjadi seorang
seller, selain produk yg baik, maka response time layanan dan intesitas dlm
berkomunikasi adalah faktor yg tdk dpt diremehkan. Reputasi sbg seorang trusted
seller - khususnya di online world - sangat ditentukan oleh faktor itu. Buyer
akan ditenangkan jika komunikasi terpelihara baik bahkan ketika ada masalah.

Akan baik sekali jika memiliki koneksi cadangan, walaupun mungkin hal tersebut
menuntut biaya ekstra, namun reputasi yg diperoleh jauh lbh berharga, bukan?

Salam,

Bara Putra

Sent from my old BlackBerry®