Kalo disimak dari opini rekan2 disini, kebanyakan alasan utama pake BB
adalah kareka ikut2-an/terpaksa ikut karena komunitasnya pada pake BB or
hanya untuk gaya2-an biar gak ketinggalan trend seperti bapak2 pejabat yg
diceritakan tadi.
Saya sendiri sampai saat ini tidak tertarik menggunakan BB, kenapa? Karena
menurut saya BB itu hanya menang mahalnya aja. Handset jutaan rupiah hanya
bisa kelas gprs (walau ada yg 3g dengan harga lebih mahal lagi), untuk
memaksimalkan fungsi (email, browsing & chat) pengguna bb harus langganan
BIS itupun banyak keterbatasannya (streaming youtube bayar pulsa lagi,
koneksi via pc bayar pulsa lagi) dan browsing di bb bikin capek hati dan
sakit mata karena kecil banget :-)
Kebutuhan saya akan smartphone adalah untuk: full web browsing, mobile
office, terkadang buka email & chat serta entertainment.
So jelas smartphone untuk saya pastinya bukan BB, karena:
1. Browsing di bb hanya untuk mobile site saja, belum bisa untuk full web
browsing (url with www) apalagi flash site.
2. BB untuk view & edit office document? Pastinya tidak nyaman.
3. Saya ndak mau keluar biaya lagi untuk langganan BIS karena sudah
langganan internet unlimited.
Saat akan membeli smartphone pertama ini, sebenernya pilihan awalnya adalah
WM device (Samsung OmniaII, SE Xperia X2 or HTC HD2) karena saya sebelumnya
adalah pengguna PPC Windows Mobile. Saat itu sebenernya sudah mengenal
android via milis sejak beberapa bulan lalu tapi belum begitu tertarik
dengan android platform ini.
Namun akhirnya pilihan dijatuhkan kepada SE Xperia X10i yang berbasis
android karena kebutuhan saya diatas bisa dipenuhi.
Sekarang tinggal mengexplore android world lebih dalam :-)

Join: http://groups.google.com/group/id-android/subscribe?hl=en-GB
Moderator: id.andr...@gmail.com
ID Android Developer: http://groups.google.com/group/id-android-dev
ID Android Surabaya: http://groups.google.com/group/id-android-sby