saya menjawab :
kurang lebih sama,

alasan :
jika via nandroid semua aplikasi baik di /system maupun /data serta boot.img
di backup dalam suatu file xxxx.zip, nah jika butuh file zip tersebut bisa
di restore via recovery dan langkahnya sama spt update MOD.

yang membedakan :
masing-masing custom MOD membawa ciri khas masing-masing seperti kernel,
aplikasi tambahan, boot animation.

Seharusnya kita bisa membuat custom MOD, caranya :
1. HH sudah terinstal recovery mode.
2. Langkah pembuatan custom MOD sama seperti nandroid, membackup seluruh
file2 /system/app, /data/app dan boot.img, atau membackup manual via winrar
atau program zipper semacamnya. Kalo gak bisa bikin, porting aja dari
beberapa custom MOD yang ada lalu di gabung-gabung, asal build numbernya
sama, klo beda mgkn bisa tapi lom dicoba.
3. File2 racikan dari beberapa mod trsbut di compress dalam format .zip
misalnya my_customMOD.zip
4. Coba test dgn instal any zip from sdcard

Saya dah mencoba ini di droid saya, sukses.... saya coba porting dari Simply
Stunning Froyo MOD, beberapa aplikasi yang ga perlu dibuang, tambahin
beberapa aplikasi dari pasar pagi, pasar malam dan ketika instal any zip
from sdcard nya sukses, Custom MOD nya tinggal pake aja.

Join: http://groups.google.com/group/id-android/subscribe?hl=en-GB
Moderator: id.andr...@gmail.com
ID Android Developer: http://groups.google.com/group/id-android-dev
ID Android Surabaya: http://groups.google.com/group/id-android-sby