Saya sudah pakai 9800 mas. Dan itu adalah type prototype yang mereka
pinjamkan ke saya 2 bulan yang lalu. Secara sepintas, OS nya mirip Android
jadinya. Tidak terlalu serius buat bekerja lagi, dan malahan sekarang
mengarah ke entertainment.

Prototype yang saya terima ini masih buggy. Alias banyak kutu nya. Yang
enaknya gini loh om, Displaynya itu mirip android. Mesti slide dari bawah ke
atas, baru bisa lihat programnya. Trus ada 7 biji desktop mirip android,
trus juga virtual keyboardnya mirip sekali punya android, sudah ada youtube
player, uploader, integrasi dengan pesbuk, twitter, YM, MSN, dan juga sudah
build in fasilitas WIFI Thetering.

Awal saya terima, namanya diberi BLACKBERRY SLIDER. Tapi sekarang katanya
mau diubah jadi TORCH. Firmware terbaru sudah diluncurkan sama doi minggu
lalu, dan saya coba flash ulang firmware terbaru, kutunya rada berkurang,
tapi masih terasa berkutu juga...

Sekarang saya baru submit beberapa ekor kutu yang saya temukan, di
antaranya: Virtual keyboardnya kagak bisa diilangkan kayak android yang
cukup tekan tombol BACK. Trus presisi layar sentuhnya masih rada ngaco. Saya
klik tombol, yang kena malah tempat di atasnya.

Secara penampilan, luarnya sekilas mirip storm 2. Tapi ini gak ada namanya
SURETYPE lagi. Ini cuma sentuh, papan sentuh doang, gak pakai klak klik
lagi. Trus dibawahnya ada touchpad seperti BB generasi sekarang, alias
optical touch pad.

Keyboard secara fisik mirip punya ONYX, dan feeling mirip onyx saat dipakai.
Tapi keyboardnya ini tersembunyi di bawah, dan kalau mau keluarin kudu
diseret keluar dulu.

Bodynya bongsor, alias bulky. Tidak cocok buat Tante-tante, yang notabene
suka sesuatu yang imut dan kecil. Ini jauh dari selera tante-tante. Tapi
cocok buat Om-Om yang seleranya Gadget yang kenceng, multimedia, dan tidak
mempermasalahkan ukuran yang "besar".

Untuk video dan foto, Bebe ini sudah menyematkan kamera 5 MP di badannya,
plus lampu flash LED seperti biasanya. Gambarnya sangat jernih, bersih, dan
juga tidak kalah dibandingkan dengan pocket kamera yang ada saat ini.

Soal paket pembelian, saya kagak tahu, karena saya cuma dapatin prototype
nya doank... Charger pun kagak dikasih, saya terpaksa pakai charger onyx
saya saja, yaitu Micro USB. Kayak charger buat nokiyem punya itu lho... :)

Best Regards,

Johan Huang
Admiralty
Don't use your Blackberry® while driving!
BB Pin: 2256 00AE

Peraturan Jual dan Kloteran ID-Android  http://goo.gl/azW7
ID Android Developer: http://groups.google.com/group/id-android-dev
ID Android Surabaya: http://groups.google.com/group/id-android-sby