Nih sy copy-kan ratjoen-nya bos 9B ...
Semoga bermanfaat ... Ĥεĥεĥεĥεĥεĥε …

Andremagis
20:56:31
@phaThai

----ORIGINAL MESSAGE----
Guys berhubung banyak yg japri dan tanya jalum, baik dibuatkan FAQ nya sejauh
yg saya bisa ya. Maklum masih nubie.
Ini saya copy paste pertanyaan dan jawaban:

Bos Lucky,
Ratjoen nja menjebar dg sangat tjepat nih, jd ada bbrp hal hil yg mau sy
tanjaken :
1. Support push mail kah?
Jawab: tentu saja push email, kalau anda biasa pake bb kenal amplop merah di
android yg basisnya google ada amplop merah. Email disini push. Enaknya push
disini emailnya ngga menuh2 in androidnya,
Syarat pertama pakai android, harus punya account gmail.

2. Bgm dg program2 office? Word, excel, ppoint bisa dibuka pake apa? Prog nya
apa?
Jawab: bawaan aslinya ada quick office. Ini hanya viewer. Untuk bisa full, kita
punya docs2go, sama seperti di BB, inipun ada versi premiumnya, supaya bisa
edit dan buat baru.
Enaknya layar android memanjang, jadi cocok untuk excel, juga touch screen jadi
mudah pindah kolom/row.
Di dalam nya ada excel, word, power point dan pdf to go.

3. Prog2 freeware banyak? Mengingat OS android berbasis Linux sbg opensource
mestinya banyak ya Bos?
Jawab: betul banyak, dan growing up fast. Belum sebanyak aipun, tp kedepannya
akan cerah, karena open source.
Bagusnya kalau kita mau install software, kita bisa lihat komentar pengguna yg
pakai, semakin banyak bintang kemungkinan semakin baik softwarenya.
Juga kalau software A, kita sudah install, pas ada update, kita dapet
notifikasi, tinggal klik dan langsung softwarenya update.

4. Kualitas kamera? Pakai blitz? Kualitas speaker?
Jawab: kualitas kamera bagus, mau dibanding sama apa? Kalau sama BB setara
dengan jave atau storm, bedanya di cahaya ternag warna dan kontras lebih jelas,
juga lebih cepat reaksi auto fokusnya.
Blitz tidak ada, jadi kalau foto malem ya agak gelap.
Speaker bagus, kerasnya cukup dan tidak cempreng,

5. Aftersales support?
Jawab: So far belum nemu yg rusak :-) tp ini yg kita tawarkan barang resmi,
selama ini sih urusan brg resmi htc tidak sepuyeng bb distributor :-)

6. Standard battery performance?
Jawab:Batere sangat bergantung dengan rom apa yg kita pakai, seberapa terang
dan aplikasi apa yg jalan.
Standard seperti bb lah 1 hari.

7. Kualitas gps map nya? Dibanding google map?
Jawab: wah ini kan android buatan google, tentu saja google map is a must.
Entah karena rom nya buatan google, loading gambar mapnya lebih cepat dr aipun
dan bb.
Bedanya dari 1 sumber google map ini banyak variasi program yg bergantung sama
map ini, seperti Layar, cell finder, footprint, radar, dll.

8. Bgm mentransfer address book BB ke android, trf date, memo?
Jawab: address book gampang sekali transfernya, tinggal dr outlook export ke
csv. Buka gmail, import oleh gmail.
Kemudian android sih hanya perlu nyalakan, setting apn internet, masukkan
alamat gmail dan password, langsung muncul alamatnya.
Date tuh kalender ya? Bisa pakai google calendar, kalau memo ini bisa pakai
program note everithing, jadi selain text, bisa voice base dan bisa drawing.

9. Harga 1 unit + terinstall program2 brp ya?
Jawab: harga khusus milis 5,89 untuk warna hitam 5,99 untuk putih.

1. YM bgm?
Jawab: YM banyak sekali softwarenya, cuma buka market, search, masukkan Yahoo
Messenger. Maka keluar banyak program YM. Terserah mau pakai yg mana. Saya
pribadi pernah coba meebo dan ebuddy. Program2 ini tidak hanya ym, tp bisa
untuk I'm lainnya seperti icq, windows live, facebook dll.

2. Ada prog u rekam pembicaraan wkt kita telp? Spt callrec di palm
Jawab: voice recorder banyak type, saya belum explore banyak. Tp sepertinya ada.

3. Bos Luck nglayani jualan jg kan?
Jawab: iya, saya jualan karena jabatan di kartu nama saya: penjaga warung :-)

Biar racun nya tambah meresap

¤ account email yang bisa dipush ada berapa?
Soalnya di Blackberry, push 10acc
Jawab: blackberry itu bagus untuk urusan kerjaan.
Settingnya gampang, sehingga banyak org bisa memakainya.
Push email di android, 1 yg pasti adalah account gmail di aplikasi google
mailnya.
Pada google mail, asal kita mau setting di account gmail kita, bisa ditebengi
klo tidak salah 5bh account yg lain, tinggal kasih label dan filter, nanti ikut
ke push.
Saya sendiri tebengkan 2 account email ke gmail ini.

Terus ada seven, yg support gmail, yahoo , imap dan pop lainnya, ini juga
bagus, cepat push nya.
Rasanya 7 email bisa disini atau lebih?

Ada email2 lain yang tidak terlalu penting sehingga tidak perlu di push?
Mungkin pull otomatis saja 1 jam sekali atau 4 jam sekali atau once a day. ini
bisa pakai HTC mail. Entah bisa berapa account sepertinya lebih dr 5.

Masih kurang? Ada program email K9.

Jadi rasanya setidaknya 20 email account sih bisa disini.

Jadi terpikir, di bb apa kita bisa tambahkan account email yg tidak usah di
push ya?

¤ kalau di-abuse, kuat berapa lama handset magic ?
Jawab:Abbuse nya gimana yah?
Beda2 setiap org.
Rata2 1 hari palingan kalau pakai standard.
Sama lah sama bb 8310 atau gemini kalau batere aslinya. Gemini running di edge,
android running di 3G.

Kalau pakai batere gendong, bb bold gendong, lawan android gendong, rasanya bb
bold tewas :-)

¤ untuk clean cache dengan bersih apa perlu cabut batt seperti di Blackberry ?

Jawab:Wah ini yg kayaknya ngga perlu di android. Paling kalau diperlukan saja
karena buka simultan banyak program, kita kill task, program yg sudah tidak
dipakai kita tutup.
Kabarnya kalau aipun dibuat bisa running di background, 4 program sudah lemot.
Bb kalau banyak chat langsung drop memory.
Android yg saya pakai rata2 running 10 software di background, so far so good.

¤ seberapa complay dgn Mac?

Jawab: android di desain multi platform, dan bisa berdiri sendiri. Ngga perlu
lagi host pc atau mac.
Paling hanya butuh pertama kali untuk sync, itupun tidak nempel ke pc. Atau
paling kalau kita mau upgrade rom, itupun hanya pertama kali saja, kalau kita
belum install spl yg bisa buat android mudah di upgrade romnya.

Kalau buat saya, BB itu seperti punya sekretaris yg pandai, kacamata, baju
resmi, tapi kaku. Cocok untuk bekerja cepat.

Android, seperti punya sekretaris cantik yg bisa disuruh kerja, dan ngga malu2
in buat diajak nemenin makan malam :-D

Semoga membantu.

Terima kasih sebelumnya

Salam,