coba jawab yak. c below...
Sent from my MèŝïnŤïk® Powered by £urah Ŝètèmpaaat!

2010/11/19 karl_os <hayashita...@gmail.com>:
> [...]
> untuk membuat aplikasi Android sebagai topik TA saya. Saya memiliki
> beberapa pertanyaan khususnya berhubungan dengan pengembangan aplikasi
> Android. Saya harap teman-teman sekalian mau share pengetahuan yang
> dimiliki mengenai Android.
> 1. Aplikasi yang akan saya buat akan berhubungan dengan koneksi
> internet. Karena kebetulan saya belum memiliki handheld Android, saya
> berencana untuk melakukan uji coba aplikasi dengan emulator Android.
> Yang ingin saya tanyakan, apakah proses kerja aplikasi di emulator
> sama dengan di kerja aplikasi di device yang sebenarnya?

Ya, mirip kayak di device sebenarnya. Kecuali yg berkaitan dengan
hardware specific.
Tapi kalo yg normal2 aja siy bisa di emulate, termasuk koordinat GPS
(yg udah fixed), bahkan akselerometer, magnetic field (compass) dan
orientation sensor jg bisa di emulate.

> 2. Apakah teman-teman ada yang tahu bagaimana caranya membuat aplikasi
> menggunakan map di Android? Saya telah coba mencari artikel-artikel
> yang berkaitan, namun kebanyakan menggunakan online map seperti Google
> Maps, saya ingin menggunakan peta sendiri (karena kota yang akan
> digunakan, belum ada di Google Maps).

Mmm saya jg belum nemu yg bener2 pas dengan kebutuhan saya. Maklum,
android kan masih balita, tapi untuk start awal dan gratisan, mungkin
bisa liat2 di mapsforge. Library mapsforge bisa render peta dari data
yg ada di sd card alias ga perlu online. Datanya pake format
OpenStreetMap.
Berikut saya attach mapsforge in action di froyo emulator.

> Sekian pertanyaan saya. Terima kasih atas perhatian teman-teman.

PING'S mobile™
Email: sa...@pings-mobile.com  Ph. (021) 96087100
Yopie Ratjoen
Email: yo...@ratjoen.com  Ph. 08977726681