http://goo.gl/6q9PS

*JAKARTA *- Kementerian komunikasi dan informatika dikabarkan akan segera
mengubah standard broadband wireless access (BWA) jenis nomadik atau lazim
disebut standar 'd' ke standar 'e' dalam waktu dekat.

"Saya belum tahu, setahu saya belum ada pembahasan ke arah 16e, kalau
berbicara kemungkinan saya tidak bisa memastikannya," kata Sekjen
Kemkominfo, Basuki Yusuf Iskandar di sela acara Xl-Indonesia Berprestasi
Award 2010 di Jakarta, Kamis (25/11/2010).

Dalam sejarahnya, pada tahun 2008, pemerintah Indonesia melalui Kep Dirjen
Postel No. 94, 95, 96 tahun 2008 serta Kep Dirjen Postel No. 209, 210, 211
tahun 2009 menetapkan bahwa standar broadband wireless access (BWA) yang
akan digunakan di Indonesia adalah jenis nomadik atau lazim disebut standar
'd'.

Namun seiring perkembangan, standard tersebut dirasakan memiliki kelemahan,
diantaranya adalah masalah penetrasi wireless broadband Internet yang tidak
bisa menembus penghalang seperti dinding dan juga tidak bisa untuk global
roaming. Tak hanya itu, kelemahan lain dari standar 'd' antara lain harga
perangkat untuk customer (CPE) yang bisa empat kali lebih mahal dibandingkan
dengan standar e, sehingga Internet murah dan terjangkau untuk rakyat
Indonesia tidak akan terjadi.

Selain itu, standar 'd' juga mulai jarang digunakan di dunia. sementara
standar 'e' digunakan oleh  146 negara.

Standar 'e' tersebut dikenal dengan IEEE 802.16e-2005 atau mobile WiMax.
Semua Fitur yang ada pada standar 'd' telah disempurnakan dan ditambah
kemampuannya.

"Keputusan dirjen yang lama setahu saya belum diganti, jadi masih tetap
menggunakan standar d, Dirjen Postel yang lebih mengetahui kemungkinan
perubahan tersebut," kata Basuki.

Sikap pemerintah dikabarkan melunak setelah dalam Rapimnas Kementerian
Komunikasi dan Informatika beberapa waktu lalu memutuskan untuk mengkaji
kembali regulasi mengenai penggelaran teknologi WiMax.
(ugo)

Agus Hamonangan

<http://groups.google.com/group/id-gtug>Founder Indonesian Android Community
http://groups.google.com/group/id-android