Wah kalo bayar pajak resmi dan buat negara sebagai warga yg baik saya sih
setuju saja, soalnya bukan di bayar pajaknya tapi cara dan prosedur naksir
barangnya pak....taksiran harga barang dan besarnya pajak ditentukan oleh
petugas BC yang kadang suka seenaknya sendiri dalam menaksir harga karena
pada dasarnya tidak percaya duluan. Temen saya pernah di tahan karena bawa
stick drum yg mereknya Pearl karena dikira isinya Pearl (mutiara)
beneran...saya sendiri beberapa tahun lalu pernah dari HK bawa printer punya
kantor yang harganya tidak sampai $120 pun juga langsung dicegat karena
pakai dus dan ukurannya agak besar....pokoknya mentalnya dari awal sudah
ndak percaya deh sama kita, baru kalau kita pake 'intervensi' dibolehin
lewat.

Saya baru tau kalau di Singapore batasan import 400Sgd, tapi seingat saya
berapa kali kesana orang yang masuk bawa barang untuk keperluan pribadi dan
lewat jalur hijau rasanya tidak pernah tuh di paksa periksa oleh BC di
Singapore, karena bagasi dari pesawat sudah di x-ray duluan di belt dan
dasarnya percaya sama kita. Padahal kemana-mana saya selalu bawa gadget
seperti laptop dan kamera yg harganya lebih dari sgd 400, juga di kartu
declare seingat saya ndak pernah ada isian untuk barang elektronik atau
berdasarkan nilai barang. Ipar saya yang warga sana juga ndak pernah tuh
repot2 urusan begitu walaupun dari Jakarta oleh2nya seabreg.  Begitu juga
pengalaman waktu ke L.A, Berbeda dengan imigrasinya yg ngerepotin banget,
BC-nya cuma tanya bawa apa dan lebih banyak percaya sama jawaban kita, dan
asal bawaannya tidak mencurigakan kita dibolehkan lewat. Gak ada yang
namanya urusan sama nilai barang sekian dolar.  kecuali kita maunya lewat
jalur merah yang perlu dilaporkan cuma apakah bawa duit lebih dari $10.000
dan bawa produk pertanian yg berpotensi mengandung hama atau penyakit.

Intinya kalau memang peraturannya begitu saya sih ikut saja tapi transparan
dan yang jelas dong prosesnya..... :-D

Kirim email ke