From: Jimmy <jimmy....@gmail.com>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Wed, 19 Jan 2011 00:30:51
To: Indonesian Android Community [id-android]<id-android@googlegroups.com>
Subject: [id-android] Re: WTA : gorilla glass

Mungkin sebagian teman-teman belum tahu bahwa Gorilla Glass itu
sebenarnya bersifat brittle: artinya karena bahannya sangat keras
dalam prinsipnya tahan gores, tapi rapuh terhadap tekanan/stress
karena tidak fleksibel.

Sebagai analogi, bahan Gorilla Glass itu seperti cincin bermaterial
"tungsten". Cincin tungsten (lihat saja beberapa video demonstrasi
ketahanan cincin tungsten di youtube) tahan gores bahkan tahan dikapak
sekalipun, sehingga polesnya tetap bercahaya sekalipun dipakai sehari-
hari, tetapi bisa cincin bisa hancur jika dijepit (misalnya dijepit
dengan tang atau laci). Beda halnya dengan cincin berbahan emas/
platinum, jika tergores cincin berbahan ini bisa baret, tetapi jika
terjepit cincinnya hanya bengkok (tidak pecah berkeping-keping).

Kembali lagi ke Gorilla Glass, tipe glass ini tahan gores sekalipun
digores dengan gunting atau kunci, tapi dalam beberapa kondisi
ternyata bisa juga baret. Ada juga Gorilla Glass yang terpasang di
Moto Defy yang tergores pasir saat dibawa dalam kantong celana yang
berpasir. Saya tidak mempunyai informasi ilmiah kenapa ini bisa
terjadi, mungkin yang belajar Material Science bisa menjelaskan lebih
rinci :)

Posisi hape saat jatuh juga bisa menjadi faktor pembeda apakah Gorilla
Glass itu akan pecah atau tidak. Posisi hape jatuh dengan LCD
menghadap kebawah, keatas, disamping atau disudut bisa menyebabkan
efek benturan yang berbeda-beda. Jadi tidak bisa diambil kesimpulan
dengan mudah jika hape yang satu kebanting tidak pecah Gorilla
Glassnya,tapi Gorilla Glass dihape yang lain kok pecah.

Intinya adalah Gorilla Glass ini diklaim "damage resistant" (seperti
tertulis di http://www.corninggorillaglass.com/characteristics), akan
tetapi bukan "damage proof". Jika terjadi kecelakaan, Gorilla Glass
hanya membantu mengurangi resiko rusak (baret/pecah/retak) tapi tidak
anti baret/pecah/retak 100%.

Jika saya memiliki Moto Defy, saya tidak akan mengambil resiko untuk
mencelupkan hape saya ke dalam air, mencoba menggores-gores Gorilla
Glassnya dengan gunting, atau pun percobaan drop test. Saya rasa para
engineer di Motorola dan reviewer dari berbagai media sudah melakukan
test yang membuktikan bahwa Moto Defy benar-benar "lifeproof" seperti
yang diiklankan :) Terlebih lagi jika saya melakukan test-test diatas
dengan kondisi yang tidak terkontrol, ada kemungkinan saya melakukan
test melebihi threshold pabrik, sehingga saya akan merusak hape saya
sendiri.

Menurut Motorola, "Lifeproof" artinya adalah semua pemakaian dalam
aktivitas normal, tidak termasuk abuse.

Untuk menghindari layar pecah/retak, mungkin bisa pakai Otterbox
Defender (jika ada untuk model hapenya hehe..). Saya lihat di youtube,
ada iPhone pakai Otterbox Defender dilempar-lempar sampai puluhan
meter tapi tidak pecah/rusak. Desain dari Otterbox itu berfungsi untuk
menyerap benturan sehingga energi tidak terpusat pada device, dan
setiap Otterbox juga sudah ada screen guard. Yang versi Defender juga
tahan debu dan cairan.

Kirim email ke