Like this..

Cintailah Ploduk-ploduk Indonesia

Haris

-----Original Message-----
From: Arianto C Nugroho <arianto.nugr...@gmail.com>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Tue, 1 Feb 2011 11:29:52
To: <id-android@googlegroups.com>
Subject: Re: [id-android] WTI: Separuh Produksi Chip Samsung untuk Apple

harus dimulai dari diri sendiri dulu pak .. kalo ngikutin sejarah
industri di korea selatan (elektronik, mobil, dll), dimulai dari
kecintaan rakyat korea terhadap produk dalam negerinya ..

waktu saya sempat 3 bulan belajar di korsel, cuman sedikit sekali
mobil produksi negara lain yg ada di jalanan, bahkan katanya, rakyat
korea baru mau beli mobil ketika korsel sudah bisa bikin (bukan rakit)
mobil sendiri, walaupun kualitas-nya gak sebagus produksi luar
negeri..

ketika samsung dan LG bikin HP, yang ada dibenak mereka adalah untuk
memuaskan pasar dalam negeri, bahkan ketika itu, pemerintah korea
selatan dengan berani memutuskan untuk mempergunakan sistem yang tidak
kompatibel dengan yang digunakan negara-negara lain sehingga industri
dalam negerinya bisa maju .. jadi saat itu, kita bawa handset dari
Indonesia gak akan bisa digunakan di korea and vice versa ..

jadi intinya kembali ke diri kita .. bagaimana industri kita bisa
maju, kalo kita sendiri tidak mau menggunakan? padahal kalo
dipikir-pikir Indonesia punya modal yang kuat untuk itu .. kalo 30%
saja rakyat Indonesia mau mempergunakan industri dalam negeri, sudah
berapa banyak tuh? dan ini sudah terbukti ketika krisis kemarin,
ternyata yang menyelamatkan Indonesia adalah pasar dalam negerinya ..

2011/2/1 Puspa Bangun Subekti <pusp...@gmail.com>:
> samsung memang keren.. :D
> kapan ya indo bisa punya perusahaan sekelas samsung.. :)
> Best Regards,
> Puspa Bangun Subekti

Best Regards
Arianto C Nugroho

[...]